Senin, 11 Januari 2016

Berburu Tahu Baxo Bu Pudji di Ungaran

Morning Lur,

Happy Monday,
Semoga berkah hari ini ya Lur!
Kali ini, Mimin Semarang Coret mau meliput Tahu Baxo Bu Pudji yang legendaris di Ungaran. Salah satu makanan khas Kabupaten Semarang, khususnya Ungaran adalah tahu baxo. Cemilan berat ini tokonya bisa mudah kita temukan di Ungaran. Berbagai merek tahu baxo tersedia. Salah satu yang paling terkenal adalah tahu baxo Ibu Pudji Ungaran. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
tahu baxo Ibu Pudji Ungaran (Foto:seputarsemarang.com)
Tahu Baxo Ibu Pudji adalah pelopor bekennya tahu baxo menjadi oleh-oleh khas Ungaran.
Awalnya, ibu Pudji pemilik tahu baxo ini hanya berjualan dengan gerobak dorong pada tahun 1996. Pembelinya pun kalangan terbatas, juga pesanan dari arisan atau acara lainnya. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Tau Baxo Ibu Pudji yang lezat dan sehat (Foto: seputarsemarang.com)
Perlahan, usahanya pun berkembang. Kini Tahu Baxo Bu Pudji memiliki beberapa cabang dan juga rumah makan. Pusatnya berada di jalan utama kota Ungaran yaitu Jalan Diponegoro Ungaran. Tepat di Gapura Batas Kota Ungaran. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Rumah makan dan toko oleh-oleh ibu Pudji Ungaran
Tahu Baxo Bu Pudji kini memiliki pabrik tahu sendiri lho Lur, agar kualitas makanan mereka terjamin. Cemilan yang terdiri dari tahu dan potongan tebal daging sapi di tengahnya kini terkenal dimana-mana. Para wisatawan yang berkunjung ke Semarang tak lupa membawa tahu baxo sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasanya memang enak dan sehat. Karena dijamin tidak mengandung borax, bahan pengawet yang berbahaya. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
rumah makan Ibu Pudji Ungaran
Tahu Baxo Bu Pudji dikemas dalam kota berisi 10 buah tahu baxo. Kita bisa memilih tahu baxo yang sudah digoreng atau berupa tahu rebus saja. Jika membawa tahu baxo yang direbus, maka akan lebih tahan lama dalam perjalanan ke luar kota. Harga sekotak tahu baxo Ibu Pudji Rp.32.000 berisi 10 buah tahu baxo goreng. Sedangkan untuk tahu baxo rebus yaitu Rp.30.000 sekotak (Harga September 2015).

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Toko Oleh-Oleh Ibu Pudji Ungaran disebelah rumah makan
Selain tahu baxo, kini Bu Pudji menjual berbagai jenis makanan lain seperti bakso dan bandeng presto. Jika sedulur berkunjung ke rumah makan Bu Pudji di Jalan Diponegoro Ungaran, kita bisa menyantap berbagai jenis makanan di rumah makannya. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
toko oleh-oleh Ibu Pudji Ungaran
Menunya antara lain nasi goreng, tahu baxo dan berbagai jenis minuman segar seperti jus buah dan lainnya. Jika ingin membeli oleh-oleh, kita bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang terletak di sebelah rumah makan bernuansa Jawa itu.

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
deretan makanan dan minuman ringan yang menggoda di Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Toko oleh-olehnya tak hanya menjual produk Bu Pudji seperti tahu baxo dan bakso saja. 
Mereka juga menjual berbagai makanan ringan khas Kabupaten Semarang dan Jawa Tengah. Misalnya enting-enting gepuk Salatiga, bandeng presto, torakur, keripik sayur Magelang, telur asin, abon Solo, dan banyak lagi jenis makanan dan mnuman ringan. Bikin kalap juga lur kalau main kesana, hehe. Pengen memborong aneka jenis jajanan.

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Bandeng Presto Khas Semarang juga tersedia disini
Tidak usah bingung mencari tempat parkir, karena lahan rumah makan ini cukup luas, Lur. Mushola dan toiletnya pun nyaman dan bersih. Jadi, wisatawan atau pengunjung yang bepergian dari luar kota, bisa mampir untuk beristirahat disini.  Asyik untuk menjadi tempat singgah para traveller yang melintasi kota Ungaran. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Torakur khas Bandungan juga ada disini lhoo sedulur
Mimin sempat mewawancarai Chikita Fawzi, animator dan relawan Kelas Inspirasi, putri kedua Ikang Fawzi di Rumah Makan ini, dan ia senang sekali diajak kesana dan mencicipi makanan khas Kabupaten Semarang, tahu baxo. 

Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
bertemu Chikita Fawzi di Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran
Selain di Jalan Diponegoro, Bu Pudji juga punya rumah makan di daerah Bawen lho Lur. Tahu Baxo Bu Pudji juga punya kios di Gedung UMKM Banyumanik Semarang. Disana sedulur bisa membeli tahu baxo Bu Pudji yang segar dan baru. Kesegarannya terjamin, sama seperti membeli di pusatnya yaitu di Jalan Diponegoro Ungaran. 

Resto Ibu Pudji & Pusat Oleh-Oleh Ungaran
Jalan Diponegoro No 14, Gapura Batas Kota-Mijen, Ungaran
Buka: Setiap Hari



 
 


23 komentar:

  1. Di cocol pake petis dan cabe rawit pasti makin mantap rasa nya :-)

    BalasHapus
  2. Aku beli yang merk lain, baru tau kalo yg terkenal merk Bu Pudji ini.

    BalasHapus
  3. Olahan tahu emang slaluu nyammy...aku mauk dong hrhee

    BalasHapus
  4. Aku kenal tahu baxo Bu Pudji dari oleh-oleh yang dibawakan sama oom dan tanteku yang tinggal di Semarang. Tahu baxonya nggak pernah digoreng, karena dimakan gitu aja, udah enak dan langsung tandas diserbu orang serumah. Tahu baxo yang padet itu mau dimakan polosan atau duet sama cabe rawit ijonya yg maut sama enaknya. Sesuka hati kita aja. Sekarang tahu baxo udah bukan milik Bu Pudji seorang. Banyak penjual oleh-oleh tahu baxo. Namun, kalau udah ngefan berat sama Bu Pudji, tahu baxonya bakal dicari. Merk lain buat pilihan terakhir. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok kalau kangen, bisa saya bantu kirim dari semarang. saya melayani pengiriman tahu baxo ibu puji ke luar kota.

      Hapus
  5. Jadi pengen ke Semarang dan beli ini deh, kayaknya enak bangeeet. Aku pecinta tahu soalnya, hihi.

    TFS ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga perlu ke semarang bisa kok bu, bisa saya bantu kirim dari semarang. saya melayani pengiriman tahu baxo ibu puji ke luar kota.

      Hapus
  6. pernah bikin sendiri tahu bakso dan belum puas dengan rasanya..kayanya harus beli disni hehe

    BalasHapus
  7. Belum peenah mampir makan ditokonya tapi udah sering makan tahunya dan emang endess

    BalasHapus
  8. pas kemarin ke Semrang nda sempet ke atas...padahal ada yang nitip

    BalasHapus
  9. Bandengnyaaaa jugaaa enaaakk mak dedew....

    BalasHapus
  10. jadi ngiler liat tahu am cabenya

    BalasHapus
  11. Aiiih suamiku suka banget tahu, kalo ke sini pasti beli oleh2 ini deh. Duuuh ngileeer :)

    BalasHapus
  12. wah ini tahu bakso wajib kalau aku pulkam. Setiap pulang sana wajib beli

    BalasHapus
  13. Info per 4 Maret 2016
    Harga Tahubaxo Rebus 33rb & Tahubaxo Goreng 35rb, sekilas info tahubaxo ibu pudji ada juga disemarang outletnya berada di jl.pamularsih no15 tlpn 082242475758, Info delivery Tlpn/sms/whatsapp 082225257000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ancer-ancernya sblh mana yaa??kl dri arah sampokong?makasih

      Hapus
  14. enak sekali tahu baxo ibu puji, bila ingin merasakan di rumah, sembari tidak perlu jauh-jauh ke ungaran bisa kontak saya di bukalapak.com/priyo_wibowo atau tokopedia.com/priyowibowo
    saya kirim via ekspedisi.

    BalasHapus
  15. Di jalan pandanaran di toko oleh2 bandeng juwana ada mba tyas nita, bisa juga ke semarang atas, gedung umkm semarang, sekalian ke Ungaran juga bisa lewat tol dari Semarang

    BalasHapus
  16. Apa sudah adakah produk tahubaxo bu pudji yg tahan lama, ato utk kirim luar pulau tidak basi sampai tujuan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama terjangkau tiki ons, maka dipastikan tahu baxo tidak basi karena hanya memakan 1 hari perjalanan.

      Hapus
    2. Apakah harganya sama dengan yang di outlet?

      Hapus
  17. Mantab ini tahunya..

    http://danarfood.com/

    BalasHapus
  18. Sering beli buat oleh2 temen2 d Jakarta .. suka smua 😁

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...