Jumat, 06 November 2015

Rumah Makan Sitinggil Muncul di Banyubiru, Kab. Semarang

Morning Lur,

Apa kabar sedulur hari ini? Happy selalu ya...
Kali ini kita jalan-jalan ke Banyubiru lagi, yaa. Setelah menikmati indahnya air terjun Curug Kembar Baladewa.

Lur, Ada pilihan asyik untuk menikmati menu masakan tradisional Jawa Tengah, dan tempat yang sangat mendukung suasana seperti kembali ke masa lalu. Tempat makan asyik ini dapat kita temui di Rumah Makan Sitinggil Muncul, Banyubiru, Kabupaten Semarang. Letaknya di Desa Rowo Boni, Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.
Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
bebek enthog ala Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
Tak jauh dari Rumah Makan Sitinggil Muncul, berjarak sekitar 200 meter, ada Pemandian Muncul, kolam renang alami yang sumber airnya bukan berasal dari air keran seperti kolam biasa. Kolam renang ini sumber airnya dari sumber mata air alami yang terdapat di dasar kolam.
Suasana zaman dulu ini didukung arsitektur bangunan yang mengingatkan kita akan rumah Nenek, dan halaman rumah yang luas dan asri, serta latar belakang pemandangan alami yang cantik oleh hamparan sawah lengkap dengan bukit bukitnya. Semakin menambah nuansa alam masa silam. Sesuai dengan konsep yang dibuat untuk rumah makan Sitinggil, yaitu bersantap siang di rumah Nenek.
Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
beranda yang nyaman Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
Bangunan rumah makan ini terbuat dari kayu jati yang memiliki ruang tengah cukup luas, dengan meja dan kursi makan disain sederhana khas pedesaan jaman dahulu, dan tata letak yang sedemikian rupa, dapat menampung kurang lebih 25 orang pengunjung.
Di sini ada dua pilihan tempat untuk bersantap. Pilihan pertama yaitu dalam ruangan. Di dalam ruangan yang sebelumnya memang digunakan sebagai  rumah tinggal, diubah menjadi ruang makan, untuk menghadirkan suasana seperti sedang makan bersama di rumah dengan keluarga. Sirkulasi udara di dalam ruangan yang bagus, membuat pengunjung tidak terasa gerah.
Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
bersantap di halaman Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru

Hiasan dinding maupun pajangan benda-benda lama, seperti guci, vas bunga, mesin jahit, atau lemari kecil yang difungsikan untuk meletakkan perabot rumah tangga, menambah nuansa jaman dulu semakin kuat. Sehingga tetap dipertahankan keberadaannya sebagai pelengkap isi ruang tengah. Jadi berasa sedang berlibur di rumah nenek, Lur! Ngengeni!
Pilihan kedua, Untuk yang ingin menikmati pemandangan di luar, beranda rumah pun disediakan meja dan kursi tamu dengan disain sederhana seperti jaman dahulu. Beranda rumah makan Sitinggil memiliki ukuran yang cukup luas, sama dengan ruang tengah.
Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
radio kuno di Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
Tentunya dengan interior yang berbeda dengan ruang tengah. 
Di beranda, pengunjung dapat menikmati santapan sambil menikmati halaman yang relatif luas dan alami. Untuk  kapasitas meja kursi yang kurang lebih sama dengan ruang tengah. Ah, suasananya benar-benar syahdu dan menetramkan.

Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
ayam goreng lezat di Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
Benar-benar terasa suasana rumah masa silam, yang pada saat ini mulai bergeser digantikan oleh desain baru. Halaman Sitinggi Muncul yang luas dengan permukaan tanah yang bertingkat, serta pepohonan dan rerumputan yang tumbuh subur, membuat sekeliling tampak hijau dan asri. Di sana anak-anak bisa bermain dan aman dari terik matahari, meskipun di tempat terbuka.

Oh iya Lur, Halaman samping pun difungsikan sebagai tempat makan. 
Di sana disediakan meja dan kursi makan, diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati makan bersama di alam terbuka.
Rumah Makan Sitinggil Muncul Banyubiru
pecel yang menerbitkan selera makan
Sambil menikmati santapan, pengunjung dapat pula menikmati indahnya alam yang terletak di latar belakang Rumah Makan Sitinggil. Terhampar luas area persawahan, bukit dan gunung yang tampak indah. Pepohonan di halaman pun terasa rimbun menahan terik sinar matahari, sehingga pengunjung tetap merasakan sejuk.
Acara perayaan ulang tahun, arisan, atau sekedar hang out bersama teman-teman sepertinya sangat nyaman diadakan di tempat ini. Adapun fasilitas yang menunjang kenyamanan adalah, disediakan tempat parkir yang cukup luas, free hot spot, tempat untuk sholat, tempat bermain anak-anak.
minuman segar untuk siang hari terik
Berbagai menu pilihan bisa disantap bersama keluarga, diantaranya bebek goreng, opor enthog, ikan bakar, tahu dan tempe bacem. Miunmannya pun beragam mulai dari teh, kopi dan beraneka jus buah yang segar dan sehat. Tempat ini bisa jadi pilihan sedulur sekalian untuk bersantap bersama keluarga dalam suasana ceria.  

Happy Friday, Lur! Jangan lupa untuk berbahagia ya..
(Kontributor: Bhe Susilawati, Jakarta)




















13 komentar:

  1. suasana tradisionalnya kental banget yah mbak, rasanya seperti kembali ke masa lalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, menyenangkan yaa duduk-duduk di luar pemandangannya indah...berasa di rumah sendiri hehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. iya, mbak bhe keren, ditunggu kiriman tulisannya yang lain ya mbak...

      Hapus
  3. Mata saya autofokus pada bebek entognya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iaa menggiurkan yaa bebeknya :D

      Hapus
  4. Ngilerrr.adem banget makan di situ ya mbk? *elus perut kriuk2*

    BalasHapus
  5. mana contac personya ini

    BalasHapus
  6. Bebek goreng dan Opor Bebeknya lezat sekali....Mantappp.
    Kalau traveling ke Salatuga, inilah tempat makan yang lezat dan nikmat.

    BalasHapus
  7. Bebek goreng dan Opor Bebeknya lezat sekali....Mantappp.
    Kalau traveling ke Salatuga, inilah tempat makan yang lezat dan nikmat.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Bebek goreng dan Opor Bebeknya lezat sekali....Mantappp.
    Kalau traveling ke Salatuga, inilah tempat makan yang lezat dan nikmat.

    BalasHapus
  10. tempat dulu saya menimba pengalaman hidup, salam kengen dan hormat kagem sing gadah ndalem

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...