Jumat, 13 November 2015

Bikin Tahu Sendiri di Pabrik Tahu Serasi, Bandungan

Morning Lur,

Semoga berkah Jumat sedulur,

Kali ini, Mimin bersama anak-anak Sekolah Kucica Ungaran mengintip cara membuat tahu di Pabrik Tahu Serasi, Bandungan Kabupaten Semarang. 

Daerah Bandungan ini mirip-mirip lah Puncak bagi orang Jawa Barat.

Terletak di daerah pegunungan, banyak penginapan dan merupakan daerah penghasil sayur dan buah, bunga-bunga dan tentu saja penghasil tahu yang enak dan bebas formalin, Lur. Hari ini, Mimin piknik sekaligus menambah ilmu: melihat cara bikin tahu di Bandungan.

pabrik tahu serasi ungaran

Perjalanan dari pusat kota Ungaran ke Bandungan makan waktu 40 menitan lah. Nggak terlalu jauh kok.

Hanya jalannya saja mendaki dan berbelok-belok.Lagipula, Hari Sabtu pagi. Masih lengang..

Coba, kalau kesana Sabtu sore atau minggu, huaa, sesak deh jalanan Bandungan. 

Sesampainya di Pabrik Tahu Serasi, snack disuguhkan. Ada tahu goreng hangat dengan sambal kecap, kue-kue basah dan susu kedelai. .


Setelah kenyang ngemil, rombongan pun diajak masuk ke Pabrik Tahu Serasi.

Anak-anak antusias dong ya. Mimin juga. Penasaran gimana sih cara bikin tahu Serasi yang kondang itu? Selama ini cuma tahu makan tahu #eh.

Dipandu Ibu Yayuk, pegawai pabrik tahu, anak-anak berbaris masuk.

"Anak-anak tahu apa ini?" tanya si ibu menunjukkan segenggam kacang kedelai.
Krik. Krik. Pada diam hihi.

"Kedelai Buu!" teriak Mimin terlalu semangat.
"Ini kacang kedelai. Impor lho dari Kanada." sahut si ibu bangga.

Huhu. Mestinya sedih yaa. Kedelai saja mesti impor ya kitaa. Sakitnya tuh dimana-manaa..
kedelainya digiling dulu yaa
Pertama, kacang kedelai direndam 2-3 jam lalu dicuci bersih. Setelah itu, digiling deh. Setelah digiling, kedelai pun disaring.Ampasnya dikumpulkan.

Ternyata lembut pisan, ampasnya. Biasanya dimanfaatkan untuk makanan sapi ternak. Atau untuk orang, dibuat gembus, hehe. 

ampas tahu yang lembut kayak es krim
Sari kedelai tadi pun dimasak di tungku raksasa. Nanti bisa dijadikan susu kedelai atau tahu.

Anak-anak penasaran seperti apa sih sari kedelai dimasak? Bergantian deh dibopong bu guru biar lihat sendiri. 
kompor raksasa
Nah, setelah dimasak, lalu sarinya didinginkan. Hasilnya berupa tahu yang lembut, rapuh,mudah galau, eh hancur. Apakah sudah selesai? Tentu tidak!
bikin tahu yuk
Mulailah proses selanjutnya. dua-tiga sendok gumpalan tahu itu lalu dibungkus semacam kain putih. Bukan untuk jimat, hehe.

Setelah dibungkus kain, anak-anak lalu disuruh memeras kain itu hingga tahunya kering. Setelah itu, kain diikat menjadi bentuk segi empat.

Pekerjaan ini dilakukan manual, alias satu-persatu tahu dibungkus kain. Tentu saja oleh pekerja yang cekatan yaa. Jadi dengan cepat proses ini selesai hihi.


kak nai bikin tahu diusilin adek hihi
ayo dibungkus yang rapi kata ibu pekerja Pabrik Tahu Serasi
Setelah tahu-tahu berbentuk kotak ini cukup banyak, Ibu Yayuk mengeluarkan senjatanya. Berupa alat berat terbuat dari besi. Ternyata, itu alat pemberat, untuk menggencet tahu-tahu yang malang. Hehe.

Benar-benar ya cara bikin tahunya manual hihi. Tujuan tahu digencet ini bukan untuk dibully, tapi untuk mengeluarkan kandungan air dalam tahunya. 

alat penggencet tahu yang malang
Setelah itu, barulah, kain pembungkus tahunya dibuka dan tahu siap untuk dikemas dalam plastik. Atau langsung digoreng. Yummi! Anak-anak bergantian membungkus tahu dan mengikatnya. Semangat banget deh. 

tahu yummii tanpa bahan pengawet
Oh iya, selain tahu dan tempe, pabrik tahu Serasi juga menjual cemilan semacam tahu dan tempe goreng, gembus dan mendoan yang maknyus banget dinikmati di cuaca dingin begini, ada pula berbagai jenis snack.

Ramailah kami memborong tahu. Seporsi tahu putih berisi 10 buah dijual seharga Rp.9.000,- saja. Setelah puas keliling melihat proses cara bikin tahu, dan kolam ikan dekat pabrik, kami pun makan siang ramai-ramai.

Menunya sayur santan, ikan lele, gembus dan tempe goreng. Dengan sambal dan kerupuk. Serta teh hangat. Yummii, nikmat banget makan ramai-rama di cuaca mendung-mendung mesra ginii.

Pas pulang, eh bu guru membagikan goodie bag berisi sebungkus tahu mentah dan dua bungkus tempe. Yummii!

Alhamdulillah, seru banget kegiatan Sekolah Kucica hari ini. Anak-anak jadi tambah pengalaman baru. Cara bikin tahu Serasi di Pabrik Tahu Serasi yang kondang itu. Terima kasih bu guru!

Photo Courtesy of Pribadi & panduanwisata.id (foto tahu)

Artikel ini pernah dimuat di:
www.dewirieka.com

4 komentar:

  1. Eh, kalau tahunya bikin sendiri, apakah kita boleh bawa pulang tahunya gratis??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bawa bahan tahu sendiri tapi yaa dari rumah :D

      Hapus
  2. dapet gratisan ngak ya mak ( tetep ya usaha hehehe )

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat gratisan senum manis mak dari mbaknya :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...