Senin, 19 Oktober 2015

Wisata Edukasi di Kebun Benih Hortikultura Bandungan.

Morning Lur,


Semua orang tahu bahwa Bandungan, Kabupaten Semarang memiliki pesona dan objek wisata yang menarik, tapi tidak semua orang tahu kalau Bandungan juga memiliki tempat untuk kegiatan pembelajaran praktek tanam menanam, panen,  sampai dengan merangkai bunga dan  buah. 

piknik sambil belajar tentang tanaman, seruu
Kebun Benih Hortikultura Bandungan salah satunya. 
Sebuah kebun pembibitan dibawah naungan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemprov Jateng menyuguhkan pembelajaran praktek mengenai hortikultura yang dipandu oleh tenaga penyuluh yang kompeten dibidangnya. Kebun ini bisa kita masukkan menjadi salah satu obyek wisata Semarang ya, Lur!

Berbagai kegiatan dikemas dengan cara menyenangkan dan disertai praktek secara langsung.
Sangatlah cocok untuk kegiatan outing class bagi anak pra-sekolah karena anak-anak bisa mengenal langsung lingkungan pertanian, mengenal komoditas pangan, melatih motorik, menumbuhkan jiwa pemberani, mandiri, dan  rasa cinta lingkungan.

ramai-ramai menanam onclang
Seperti kegiatan luar kelas anak Sekolah Kucica Ungaran hari ini.
Mereka bercocok tanam di Kebun Benih Holtikultura Bandungan lho, Lur. So, happy! Anak-anak Kucica berkeliling kebun benih, belajar mengenal macam-macam jenis tanaman. Mereka lalu belajar menanam tanaman onclang. Setelah itu, mereka diajak kakak-kakak pengurus untuk panen sayuran dan bisa dibawa pulang, seru!

panen sayuran untuk dibawa pulang

Untuk pengenalan, tenaga penyuluh akan mengajak berkeliling kebun sambil memberikan pengarahan mengenai macam tanaman yang telah ditanam di kebun benih. Selanjutnya akan diarahkan ke ketempat pembenihan untuk diajarkan praktek menanan tanaman secara langsung . 

disini kita bisa belajar menanam
Untuk praktek memanen, tentunya harus disesuaikan dengan musim panen tiap tanaman dan asyiknya lagi hasil panen bisa langsung dibawa pulang. Komoditas tanaman yang dapat dipanen di kebun benin antara lain jagung, sawi, onclang atau daun bawang, tomat, wortel dan bayam cabut. 

Untuk tanaman strawberry jumlahnya masih terbatas jadi hanya digunakan sebagai tanaman percontohan saja.
rumah untuk pembibitan

Untuk pelatihan merangkai bunga atau buah bisa juga belajar praktek disini, kegiatan ini  lebih banyak diikuti oleh ibu-ibu pencinta ikebana. Peralatan, bunga dan buahnya sudah disediakan langsung boleh kebun benih, jadi pengunjung tidak perlu membawanya dari  rumah. Hasil dari merangkai bunga pun dapat dibawa pulang. 

asyik yaa ada guest house juga lho

Komplek Kebun Benih Hortikultura Bandungan juga difasilitasi dengan guest house bagi pengunjung yang akan menginap atau sekedar beristirahat. Latar belakang pemandangan indah hamparan kebun yang sudah ditanami tanaman menjadi daya tarik utama pengunjung yang menginap disini. Selain itu aula serba guna juga tersedia, biasanya disewakan untuk acara pertemuan , pelatihan bahkan untuk acara keluarga. 

Lokasi kebun benih sangatlah strategis  tepat berada di Jl. Sukorini no. 28 Kenteng yang merupakan jalan utama Bandungan. Jaraknya pun hanya sekitar 300 meter dari Pasar Bandungan dan berada tepat disamping  jalan masuk menuju Pabrik Tahu Serasi. 

siap-siap pulang membawa oleh-oleh sayuran dan segudang pengalaman seru!
Sepanjang jalan menuju ke lokasi kebun benih terdapat banyak PKL berjejeran menjual gorengan, sate kelinci, susu kedelai dan aneka jajanan khas Bandungan lainnya yang biasanya sangat ramai ketika hari  Sabtu, Minggu dan libur nasional. 

Komplek kebun benih juga dilewati rute andong dan kuda wisata yang mangkal di seberang komplek kebun benih.  Jadi kalau ke Bandungan jangan lupa mampir ke Kebun Benih Hortikultura Bandungan.(Kontributor: Aryani Prabaningrum, Ungaran)

Foto:
Aryanie dan Sekolah Kucica Ungaran

6 komentar:

  1. Waah...anak2 pasti senaang belajar berkebun di sini ya mbak.. Jempol.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastilah,mbak.. Yg tua aja senang apalagi anak-anak.. :) hayuuk,silahkan mampir..

      Hapus
  2. Wah, mbak Aryanie dah jadi kontributor disini yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,mbak..:) monggo disimak terus yaa..hehe

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...