Senin, 05 Oktober 2015

Serunya Jalan-Jalan ke Pasar Tradisional Bandungan

Morning Lur,

Jalan - jalan ke pasar tradisional? Idih, Apa asyiknya siih? 
Pastilah kotor, bau, sumpek, panas. Intinya tidak ada asyiknya deh mending ke pasar modern saja yang lebih bersih, tidak bau dan tidak panas. Hmm, kalau kamu punya pikiran seperti diatas, cobalah sekali-kali pergi ke Pasar Tradisional Bandungan karena banyak keasyikan yang ditawarkan disana.

Pasar Tradisional Bandungan
berbelanja sayur dan buah asyiknya di pasar Bandungan

Pasar Tradisional Bandungan sangat menarik untuk dikunjungi, karena pasar ini dikenal sebagai pasar wisata. Pertama kali memasuki pasar, kita disuguhi los kayu yang bersih dan tertata dengan rapi. Walau  hanya terdiri dari dua lajur, pasar terlihat penuh karena tiap los berbentuk seperti bertumpuksehingga bisa menampung lebih banyak barang diatasnya. Bahkan beberapa barang dagangan juga digantung diatas.

Pasar Tradisional Bandungan
Berbagai jenis oleh-oleh khas kab.Semarang juga ada
Lantainya bersih tidak ada sampah atau air tergenang seperti kebanyakan pasar tradisional. Kita juga tidak akan mencium bau-bauan yang menyengat hidung. Komoditas yg dijual kebanyakan berupa sayuran, buah dan makanan khas Bandungan. 

Untuk sayuran kita bisa membeli dengan harga yang sangat murah meriah Lur, dengan Rp. 10.000,- kita bisa memilih delapan macam sayuran yang sudah dibungkus kecil-kecil. Untuk buah juga tak kalah murahnya. Alpukat, jeruk baby, pisang dan kelengkeng adalah komoditas yang paling banyak didagangkan. Kita juga bisa membeli oleh-oleh makanan khas Bandungan seperti kerupuk opak, tahu serasi,  dan torakur.


tanaman cantik juga ada di pasar bandungan
Jangan takut kelaparan ketika berbelanja, karena ternyata didalam pasar terdapat warung bakso yang cukup terkenal. Bakso Pak Brengos berada disudut paling belakang dari pasar. Warung ini sudah ada dari jaman awal mula dibangunnya Pasar Tradisional Bandungan dan sampai sekarang diteruskan secara turun temurun. 

Di sekitar area pasar juga banyak simbok pedagang gorengan dengan harga yang murah meriah. Dengan uang Rp.10.000,- kita bisa memilih sebelas macam gorengan. Gorengan yang khas di Bandungan adalah gethuk dan jadah goreng, kita juga bisa membeli bahan gorengan yang mentah jika ingin mengolahnya sendiri dirumah. Bagi pencinta tanaman hias, kita bisa membelinya disepanjang trotoar jalan tepatnya di depan kantor Kecamatan Bandungan yang tak jauh dari lokasi pasar.
Pasar Tradisional Bandungan
pedagang gorengan khas Bandungan yummii
Takut repot ketika memborong banyak belanjaan ? Jangan kuatir, disini jugatersedia jasa gendongan untuk membantu membawakan barang belanjaan. Biasanya para simbok gendongan akan mengikuti kita ketika berbelanja lalu menawarkan jasanya.Untuk upahnya cukup secara sukarela saja, yaah hitung-hitung ikut membantu si embok gendongan untuk mencari nafkah.

Pasar Tradisional Bandungan
bakso legendari pak brewok bandungan

Lokasi pasar sangatlah strategis, tepat dijalan utama Bandungan. 
Sepanjang jalan berjejer pedagang buah dan makanan khas Bandungan, jadi tidak heran ketika akhir pekan atau hari libur nasional tiba pastilah sepanjang jalan ini ramai dan biasanya menyebabkan kemacetan. 

Pasar bersebelahan dengan Taman Wisata New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort. Tapi orang lebih mengenalnya dengan sebutan Taman PJKA Bandungan. Sebuah taman yang menyediakan kolam renang, taman dan  arena bermain untuk anak. 

Bagi yang berwisata ke Bandungan, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir berbelanja di Pasar Tradisional Bandungan. (Kontributor: Aryani Prabaningrum, Ungaran).




13 komentar:

  1. Ih kerennya pasarnya. Di sini mana ada pasar tradisional yang serapi pasar Bandungan ini ... kalo ada rezeki ke Semarang, ajak-ajak ka' ke pasar ini naaaah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang mi ituuu kak...ditunggu kedatangan taaa...

      Hapus
  2. pengen foto foto di pasar bunganya yang berjejer itu, eh belum kesampean juga
    belanja apa aja mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi ayo piknik yuuuk..biasalah emak-emak mas :D beli sayuran

      Hapus
  3. Pengen nyobain baksonya yang katanya udah legendaris :G

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk maiiin ke Bandungan, daerah Puncaknya orang Semarang :)

      Hapus
  4. tolong sebutkan destinasi wisata kab. semarang untuk rekomendasi tamu2 yg kami antar untuk menikmati wisata di kab. Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo ubek2 blog semarang coret ya mas, sudah kami tuliskan di blog selamat berwisata :)

      Hapus
  5. pengen jalan2 kesini Juga hehehe

    BalasHapus
  6. hayukk ditunggu di kab. semarang maan hehe

    BalasHapus
  7. Aku orang bandungan dan aku bangga :v

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...