Senin, 26 Oktober 2015

Menggasak Pedasnya Mie Kopyok Khas Semarang

Morning Lur, 

Alhamdulillah, Senin waktunya postiing..
Kali ini Mimin mau cerita tentang mie kopyok, makanan berbahan dasar mie, khas Semarang. Ya, agak susah menemukan mie ini di kota lain. Oh iya, Mie kopyok ini ternyata banyak sebutannya lho, Lur. 

mie kopyok pak untung ungaran
mie kopyok pak untung yang segar dan pedaas
Ada yang menyebut mie teng-teng karena penjualnya memanggil pembeli dengan memukul kentongan, ada yang bilang mie lontong bahkan mie kere karena isinya tanpa campuran daging atau bahkan kaldu. Sederhana sekali.

Bahan mie kere ups, mie kopyok antara lain mie kering, lontong, tahu pong, toge panjang, bawang putih, seledri, bawang goreng, gula plus garam, dan kerupuk nasi alias gendar. Cara buatnya pun cukup mudah, masak air, campurkan bumbu-bumbu tadi dan garam. Setelah matang, siramkan ke mangkuk berisi bahan tadi yaitu mie kering, lontong dan lainnya. Jangan lupa remasan kerupuk gendar. Juga senjata andalan, sambel cabe yang melimpah. Slurrp!

Warung mie kopyok pak untung ungaran
warung mie kopyok pak untung di pinggir jalan MT Haroyono Ungaran

Warung mie koyok terkenal di Semarang adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur di Jalan Tanjung, Semarang.
Bangunan warungnya sederhana, tapi pengunjungnya membludak. Keadaan yang sama juga terjadi di warung mie kopyok Pak Untung di Jalan MT. Haryono, Ungaran, Kabupaten Semarang. Letaknya tak jauh dari perumahan besar The Amaya. Berseberangan dengan Mesjid Al Ikhlas.

Warung mie kopyok Pak Untung terbilang kecil. Tapi, ramai oleh pengunjung. Terutama di waktu makan siang. Tak jarang, harus mengantri giliran memesan dengan sabar, hehe. Uniknya, cara penjual meracik mie kopyok. Setelah menanyakan level kepedasan mie, si ibu lalu mengambil sejumput cabe gendut dari tempatnya. Lalu langsung mengulek cabe dan bawang putih itu di dalam mangkok milik si pemesan.
mie kopyok pak untung ungaran
si ibu lincah meracik mie pesanan pembeli
Setelah diulek, barulah dimasukkan berbagai jenis bahan mie seperti lontong dan toge segar. Terakhir, disiram kuah super panas. Wow. Jangan sampai ketukar ya Lur, pesanan kalian. Kalau nggak tahan pedas kayak Mimin, bisa diare makan sambal sebanyak itu. Hihihi. Seporsi pun murah-meriah hanya Rp.6.000 saja.

Warung mie kopyok pak untung ungaran
warungnya rameee mimin terpaksa ngantri deh
Mie kopyok Pak Untung memang sederhana bahannya. Mudah cara membuatnya. Tapi, enak, sehat dan mengenyangkan ya, Lur. Asyik banget kalau dimakan panas-panas saat hari berhujan. Atau sedang meriang. langsung kabur pileknya hehe. Mie kopyok enak dimakan di segala suasana, kok.

Coba ya, Mie kopyok Pak Untung ada delivery service nya kayak restoran besar. 
Seru banget kalau menu restoran favorit kita bisa dinikmati kapan saja, bahkan ketika di rumah. 
Aih, gimana caranya? Menculik kokinya, begitu? Hihi. Eh boleh juga, kalau kokinya kece kayak Chef Juna atau Chef Arnold Purnomo, gyaa!

warung mie kopyok pak untung ungaran
aplikasi foodpanda di android (Foto: Dian Radiata)
Seringnya nih, Mimin pengeen banget makan yang enak dan panas, tapi malas masak. 
Juga malas keluar rumah. Atau pas Mimin sibuk mengejar deadline Semarang Coret *uhuk, pengen makan enak. 

Pas Mimin ngobrol via Watsapp dengan sahabat Mimin di Bandung, ternyata ada lho delivery service seperti yang Mimin idamkan. Biasanya nih, kita hanya bisa memesan makanan di satu restoran saja. Pengen makan fried chicken, kita menelpon delivery service restorannya. Kalau pengen mie kocok atau nasi padang, duh nggak ada tuh delivery servicenya. Hiks!

Warung mie kopyok pak untung ungaran
cara ordernya gampang tinggal klik klik bayar tungguin deh (foto: Esti S)
Nah, ternyata sekarang ada layanan delivery service yang memungkinkan kita bebas memilih menu. 
Pilihan restorannya banyak. Namanya Foodpanda, websitenya bisa dicek di www.foodpanda.co.id. Jadi kalau kita lapar, kita tinggal buka websitenya. Terus pilih-pilih menu di berbagai restoran yang tersedia. Restorannya banyaak...jadi banyak pilihan. Whaat? Serius, Lur? Iyes, serius!

Setelah pilih menu yang kita inginkan, bayar, dan tunggu abang kurir mengantarkan pesanan kita. 
Apalagi sekarang ada aplikasinya di ponsel, waduh tambah mudah dong yaa memesan makanan. Sayangnya, pas Mimin mengecek kota mana saja yang ada layanan Foodpanda, saat ini baru Kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali dan beberapa kota lainnya. Hiks, hiks *nangis gerung-gerung.

warung mie kopyok pak untung ungaran
Foodpanda baru ada di beberapa kota besar hiks (Foto: Esti S)
Huaa, kapan ya Foodpanda hadir di Kabupaten Semarang? 
Ditunggu segera deh yaa, Pasti asyiik, Mimin Semarang Coret bakal makin malas masak,
wkwkwkw...













14 komentar:

  1. Baru makan mie kopyok pertama kali tapi rasanya kok aneh ya min. Apa mungkin pas ketemu yg nggak enak. Kapan2 coba yang ini ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mungkin karena isinya terlalu sederhana ya dit, ngga ada daging sapi atau ayamnya :D

      Hapus
  2. udah lama puluhan tahun kaliii gak menyantap makanan masa kecilku hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mainlahh ke semarang mba, nostalgia lagi, kulineran mie kere :D

      Hapus
  3. Tanpa ayam? Boleh juga buat yang vegetarian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener lur, cocok ya buat yang diet daging-dagingan dan vegetarian, ngga pakai kaldu dan daging sama sekali..:)

      Hapus
  4. Mbak..ini ndak yg di dekat Asjo..sebelah warungnya ada jembatan?

    BalasHapus
  5. Salah satu makanan favoritkuu....

    BalasHapus
  6. ihh udh kebayang lagi pilek, ato ga enak bdn, makan mie begini dgn kuah yg pedaaass ^o^.. lgs ilang itu flu nya mba ;)...

    BalasHapus
  7. aduh mie kere garagara ga ada kaldu kaldu yang berharganya :D ... tapi kayanya enak apalagi pedes .. seger kayanya kalau kalau pusing pala berbi :D

    BalasHapus
  8. aku belum pernah makan Mie Kopyok.... penasaran sih pengen ngerasain.

    BalasHapus
  9. Akuh mau ditraktir ke sini kalau ke Ungaran yaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuk dekat rumah alde kok taro...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...