Jumat, 16 Oktober 2015

Kenal Lebih Dekat dengan Komunitas Penulis Ungaran

Morning Lur, 

Alhamdulillah, Jumat sudah tiba. Semoga berkah harimu ya, Lur!
Kali ini Mimin mau cerita tentang sebuah komunitas di Ungaran. Komunitas ini khusus untuk kalian yang suka menulis dan membaca, dan ingin belajar menulis agar bisa mumpuni seperti sastrawati legendaris kebanggaan Jawa Tengah, Eyang NH. Dini.

agenda terbaru KPU kelas menulis cerpen asuhan Kang Gunawan
Yup, namanya Komunitas Penulis Ungaran (KPU).
Bulan Oktober ini, KPU berusia satu tahun, yippiee! Ya, 23 Oktober 2014 Komunitas ini lahir di Perpustakaan Daerah Ungaran.

Berawal dari obrolan beberapa orang yang suka mens dan sepakat ingin membuat sebuah komunitas penulisan di Ungaran. Alhamdulillah, saat itu peresmian #aihh KPU disaksikan oleh penulis tersohor, Kang Gol A Gong yang sedang dalam misi berkeliling Jawa Tengah. Dengan ketua KPU Mas Ardie alias Kafha.

belajar ngeblog bareng KPU dan Gandjel Rel

Alhamdulillah, tak hanya launching, para anggota juga belajar menulis cerpen dari Kang GG di sore hari yang indah itu. Namun, launching yang gegap gempita itu hanya sekedar perayaan kalau kita berhenti disana saja. Berpuas diri.

Hore-hore belajar ngeblog
Jadi, kalau kalian suka menulis, ingin belajar menulis, yuk gabung!
Menurut Mimin, menulis adalah life skill sama pentingnya seperti belajar berenang dan naik sepeda. Inshaa Allah jika bisa menulis, akan membantu kita dalam menjalani kehidupan. Karena menulis tak hanya sekedar menulis, banyak manfaatnya. 

Antara lain berbagi ilmu, untuk mendapatkan pahala, untuk relaksasi dan rekreasi, untuk terapi, sebagai mata pencaharian seperti Mimin ini hehe. Syarat bergabung dengan Komunitas Penulis Ungaran? Tidak sulit kok. Asal kamu suka dan ingin belajar menulis, kamu siap untuk belajar bareng dan hadir di Kopdar bulanan, maka mari gabung dengan kami!

kopdar bulanan yang asyik dan akrab
Memang, komunitas kami yang bayi ini melangkah dengan tertatih-tatih. 
Ya, anggota di grup Facebook Komunitas Penulis Ungaran saat ini berjumlah 150-an. Hanya yang aktif untuk kopdar bulanan hanya segelintir saja. Yang join pas kegiatan online di grup FB juga tak banyak. Tapi, seperti kata Kang GG, jangan biarkan jumlah yang sedikit menghalangi kalian berkarya. Jika kalian bisa maju dengan pasukan enam orang, ya maju!

belajar langsung dari Kang Gol A Agong
Petuah bijak Kang GG yang juga penggerak literasi dan taman bacaan ini menggelorakan kami. 
Tak ada kata ciut dengan jumlah kami yang tak lebih dari jumlah jari tangan hehe. Asal teman-teman semangat, Inshaa Allah KPU akan terus bergelora berbagi ilmu dan belajar bersama. 

Apa saja kami pelajari, tak hanya menulis esai, cerpen, kami juga belajar ngeblog bareng.
Alhamdulillah, beberapa anggota KPU aktif menjadi blogger. Mimin hepi deh. Kami sempat berkolaborasi dengan Gandjel Rel, Komunitas Blogger Perempuan Semarang untuk belajar ngeblog di Citra Ilmu Ungaran.

foto bareng dengan penulis idola Kang Gol A Gng
Alhamdulillah, selain berpartner dengan Perpustakaan Daerah, KPU juga berpartner dengan Citra Ilmu, pemiliknya sangat peduli dan senang kami bisa menggunakan tempatnya untuk berkegiatan. Ya, kegiatan kami ada pasang-surutnya. Ada lelah dan bosannya, tapi Inshaa Allah, kami ingin terus maju, belajar menulis, dan ingin virus nulis bisa lebih menular di Ungaran, dan Kabupaten Semarang.

kopdar perdana KPU di perpusda Ungaran
Mimin hepi karena mulai bulan Oktober 2015, teman-teman KPU akan mulai belajar menulis cerita pendek dibimbing Kang Putu alias Gunawan Budi Susanto, jurnalis, penulis kawakan dan pemilik Kafe ABG. Kang Putu memberi kami tugas pertama, membuat cerita pendek untuk dibahas di Kopdar November. Hehe. Tantangan yang keren!

Talkshow membahas KPU di Radio Rasika FM
Alhamdulillah, di acara kopdar kelas cerpen ini pula, Semarang Coret juga launching. 
Ya, dengan mengucap Bismillah, Semarang Coret diresmikan dihadapan sahabat-sahabat Komunitas Penulis Ungaran. Semoga Semarang Coret bisa terus update, terus istiqomah berbagi cerita seputar Kabupaten Semarang hehe, Aamiin.

Tidak hanya mengangkat wisata dan kuliner saja, tapi bisa menuliskan berbagai masalah sosial seperti bahayanya anak dibawah umur berkendara. Fenomena yang terjadi tak hanya di Kabupaten Semarang, tapi juga daerah lain di Indonesia. 

Jika kalian tinggal di Ungaran, mari belajar bersama Komunitas Penulis Ungaran.
Hubungi WA/SMS 0821-3776-2809. Nggak usah malu-malu atau ragu, join us!

Selamat Ulang Tahun Ke-1,
Komunitas Penulis Ungaran tercinta!


Foto: Komunitas Penulis Ungaran

19 komentar:

  1. Selamat ulang tahun untuk komunitas penulis ungaran yang ke 1 tahun.. semoga bisa menjadi inspirasi banyak orang dalam hal menulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasih doanya mba, sukses juga untuk mba alya yaa...

      Hapus
  2. saya sebenarnya pengin ikutan komunitas-2 juga mbak Dewi...
    tapi ada beberapa kendala, selain sudah tua juga bekerja sampai sabtu jadi adanya waktu cuma hari minggu...
    saya tinggal di Gedawang...
    salam saja buat komunitas penulis Ungaran dan Gandjel Rel ya mbak...semoga tambah sukses...dan selamat ulang tahun kesatu buat komunitas penulis Ungaran... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ngga ada istilah tua untuk belajar kok bu anjar, di Kumpulan Emak Blogger ada bunda yati, blogger yang sudah 60-an tahun tapi tetap berprestasi..uk semangaat...

      Hapus
  3. sukses untuk komunitasnya, enak kan punya temen seperjuangan untuk berbagi

    BalasHapus
  4. sukses untuk komunitasnya, enak kan punya temen seperjuangan untuk berbagi

    BalasHapus
  5. sukses untuk komunitasnya, enak kan punya temen seperjuangan untuk berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, dakuw salah satu yang merasakan manfaat berkomunitas, bisa nulis buku ya berawal dari komunitas...

      Hapus
  6. Iyaaah.....Semangat para perintis. Mulai jarang bw sama apdet. Hiks. Cerpennyaa blm dibuat. Duh. Keburu kopdar. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ayoo dituliis, ntar disetrap pak guru lhoo...

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. sukses buat KPU dan semoga makin banyak anggotanya, aamiin^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..yuk semangat nuliis bareng KPU...

      Hapus
  9. wihhh seru banget nih, saya tertarik banget buat komunitas ini, baru mulai mencoba menulis dan butuh bimbingan nih, apakah komunitas ini menulis untuk perblogingan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mas, kami belajar ngeblog juga :) WA saja a nomer hp diatas...

      Hapus
  10. jadwal kopdarnya setiap hari apa ya min?

    BalasHapus
  11. Saya sring ke perpusda, hmpir tiap hari malah. Pngn ikut komunitas ini, tpi pas nyari difb, ngga ada, mohon bntuannya. Saya benar" tertarik dgn komunitas ini,

    BalasHapus
  12. kalau di semarang ada ngak ya komunitasnya? kalau ada boleh minta kontaknya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...