Jumat, 02 Oktober 2015

Cerita di Balik Semarang Coret :)

Morning Lur, 

Jumat berkah, Alhamdulillah, hari ini Mimin bisa posting lagi..
Beda dengan postingan biasanya, Mimin mau curhat ah. Dalam rangka ikut memeriahkan GA Cerita di Balik Blog sahabat Mimin, Uniek Kaswarganti.

panas-panasan nonton pawai kemerdekaan cari bahan tulisan hihi

Kenapa sih mimin mau berbanjir peluh #aishh, membuat blog Semarang Coret yang usianya masih seumur baby corn inih? Toh, mimin sudah punya dua blog yang cukup ngehits #cuih hihi. Yup, berawal dari ngumpul-ngumpul bersama teman Komunitas Penulis Ungaran pada suatu sore.

Kami memikirkan bagaimana cara agar para anggota di komunitas ini bisa menyalurkan kegiatan menulisnya. Ada sih Buletin Pustaka dari Perpustakaan Daerah Ungaran, tapi terbitnya berkala, dua bulan sekali. Dakuw mengusulkan membuat blog bersama yang berisi tulisan teman-teman anggota. Dan diisi bergantian. Tapi, pelaksanaannya nggak semudah itu. Bikin blog mudah, perawatannya yang sulit. Benar nggak sih teman-teman bisa komitmen mengisi blog secara rutin? Karena, sedih sekali melihat blog yang terlantar.

Terus, gara-gara Mimin jadi kontributor hellosemarang.com yang harus mengumpulkan artikel seminggu sekali, jadi giat banget deh jalan-jalan cari bahan tulisan, hehe. Dan ternyata, sebagian besar membahas Kabupaten Semarang, hihi jjs hemat ini sih. Jadi mikir, seru juga ya, kalau Mimin punya blog khusus Kabupaten Semarang. 

Jadi membahas All About Kabupaten Semarang.
Nggak nebeng blog atau media massa yang membahas Semarang atau Jawa Tengah. Soalnya, banyak yang nggak tahu, Kabupaten Semarang, lho. Bahkan traveller kece. Hiks, piluu!

ngecengin brondong meliput komunitas sugar tupai glider Ungaran
Ungaran dimana sih?
Lho, ada ya Kabupaten Semarang? Kukira Kota Semarang aja!
Terlaluu! 

Tapi, kalau bikin blog lagi, gimana apdetnya? Takutnya malah terlantar seperti blog khusus resensi buku Mimin ang empat bulan nggak diapdet, hiks. Tapii, serius, pengen banget deh bikin sesuatu yang membuat Kabupaten Semarang atau Semarang Coret ini lebih dikenal. Uhuk.

Bismillah. 
Akhirnya, suatu siang 12 Mei 2015 di Bogor, dakuw pun membuat blog Semarang Coret.
Namanya infokabsemarang.blogspot.com, hehe. Panjang ya, Lur? Lagi nggak ide tuh saat itu. Yang penting mulai dulu, nama belakangan. Nah, Agar blognya cepat terisi, Tiap hari, mimin ngebut menulis artikel wisata dan kuliner, bahannya sudah ada tinggal diolah lagi. Dibantuin suami biar ia terbiasa menulis lagi hihi. Alhamdulillah, 10 hari 10 artikel. Seru, liburan jadi bermanfaat diisi dengan sebuah proyek bareng, hihihi. 

Pas sharing ke Grup Ungaran di FB, responnya Alhamdulillah, antusias.
Ada yang nyeletuk, nama blognya kok gratisan hehe. Nggak modal banget.
Ya, namanya saja baru memulai. Tapii, rasanya kok ngganjel ya? Kurang nendang. Akhirnya setelah bersemedi, memutuskan mengganti jadi dotkom. Nggak mudah, karena Mimin punya dua blog yang juga dotkom. Berat juga, kalau nanti waktunya perpanjang tiap tahun, tiga blog pula! Bolong kantong, Barbie!

kalap di Hortimart antarapengen meliput dan nafsu belanja dilema bingit
Sekarang bingungnya beda lagi, ah, maafkan Mimin memang ratu galau.
Hm, nama blognya apa ya? Masa infokabsemarang.com? 
Berasa blog Pemerintah Kabupaten, hihi. Resmi banget. Mimin pun curhat di FB dan tadaa, banyak banget usul-usul kece dari Fesbuker. Terus, pada dasarnya Mimin lebay dan hobi curhat di Sosmed, Mimin berkicau di Twitter tentang galaunya cari nama cucok buat new baby Mimin ini.

Seorang CEO kalem, pemilik seputarsemarang.com yang hits nyeletuk,"Semarang Coret saja," 
Waah, iya yaaa? Dari usulan setengah bercanda itulah, akhirnya dakuw mencolek Fenny si missfenny.com untuk sewa domain. Diluncurkanlah www.semarangcoret.com di Bulan Agustus. Alhamdulillah, Fenny mencolek dakuw untuk membantu mendandani penamiplan blog baby corn ini biar lebih kece. Makasih ya, Fen!

Bismillah!  Tinggal rajin apdet saja, semoga istiqomah #pray, hehe. 
Lalu terlintas, bagaimana kalau Semarang Coret menerima kontributor?
Ya, blog ini bisa menjadi wadah latihan menulis untuk teman-teman anggota Komunitas Penulis Ungaran. Biar semangat, ada duit pulsa buat kontributor yang tulisannya dimuat, juga link ke blog atau akun sosmednya. Ya, memang masih Mimin keluarkan dari kocek sendiri sambil mencari sponsor atau pemasang iklan di semarangcoret.com.

nemenin anak berenang teteup sambil cari bahan tulisan
Alhamdulillah, teman-teman KPU mulai mengirimkan tulisannya. Bahkan ada yang sudah 2-3 kali kirim.
Terima kasih, Lur, semoga makin semangat berkarya. Menulis itu asyik, kan?
Kini, jadwal posting Semarangcoret.com adalah 3 kali seminggu, dari jadwal sebelumnya dua kali seminggu.
Jadwal artikelnya tayang setiap Senin, Rabu dan Jumat. Seminggu sekali, Mimin memuat tulisan teman-teman kontributor. 

Seru juga lho proses menulis di semarangcoret.com.
Setiap minggu, Mimin putar otak mau menulis apa ya, untuk blog ini? Mimin jadi lebih semangat blusukan di Kabupaten Semarang. Pernah, Mimin minta diantar suami ke kolam renang Siwarak, masuk dan memotret suasana kolam renang yang ramai karena akhir pekan. Excited dapat bahan untuk posting hari Senin, Yippiee!

gara-gara ngeblog, bisa belajar banyak dari geng kece calon film maker ternama Indonesia

Tapii, gara-gara Mimin salah pencet tombol ponsel, tadaa..foto-fotonya terhapus! Huhuhu, piluu rasanya. Sudah capek-capek hunting, eh malah lenyap fotonya. Mimin ngejogrok sendu di pojokan sambil ngemil tahu baxo, berusaha meredakan galau. Tapii, smile! Mendadak Mimin disms sahabat, Mimin diajak mewawancarai seorang artis dan animator berbakat dari Jakarta, di Tahu Baxo Bu Pudji. Horee...Mimin dapat rejeki! Ketemu artis dan dapat bahan tulisan! #eh.

Ada juga kisah mengedit artikel yang bikin pusing, gara-gara kontributor mengkopas fotonya di file word. Tampilan Semarang Coret jadi error, karena mimin berusaha mengkopas foto itu dari naskah Word dan memindahkannya ke postingan blog. 

Doeeng..tampilan blog langsung berantakan dan harus memanggil Miss Fenny untuk menolong, hihi. 
Yup, akhirnya mimin bikin pengumuman di About Blog kalau foto dikirim terpisah di attachment e-mail, nggak di file word naskah. Ya, hal-hal kecil seperti ini harus diketahui penulis biar bisa eksis di dunia penulisan.
Tampilan blog cantik, sudah. Jadwal posting blog, sudah. Kontributor, ada.
Nah, sekarang gimana biar visitor blog Semarang Coret bisa bertambah?
Hehe mimin pun bergerilya, sharing postingan blog di Grup blogger dan tentu saja grup Ungaran & Grup Ambarawa, yang membernya belasan ribu. 

mencolek Pak Ganjar biar tulisan tentang Kabupaten Semarang di-RT hehe

Terus, Mimin rajin mencolek akun kota biar admin kecenya me-RT link postingan baru Semarang Coret, misalnya akun Twitter Seputar Semarang, Wisata Semarang, Dinas Budaya & PAriwisata Jateng hingga mencolek Pak Gandjar Pranowo, Gubernur Jateng pujaan hati Mimin biar mempromosikan postingan blog Semarang Coret, hihihi. Lumayan lho, Lur. Kalau beliau RT, pageview blog meningkat pesat hihihi. The power of Seleb yaa.

Harapannya sih, semoga Semarang Coret makin maju. 
Menjadi tujuan para netizen yang mencari informasi tentang Kabupaten Semarang. 
Menjadi obat rindu bagi yang berada jauh dari kampung halaman, hehe.

Terus, Makin banyak kontributor yang menyumbangkan tulisannya, dan makin bersemangat belajar menulis.
Virus menulis makin menular di Kabupaten Semarang, hoho. Juga makin banyak pengusaha yang mengundang Kru Semarang Coret, dan mempercayakan pemasangan iklan dan profil bisnisnya di Semarang Coret. Sama-sama bersinergi untuk menciptakan peluang. Yuk, yuk..hehe...

Ya, ciptakan peluangmu. Ciptakan peluang kita bersama.
Peluang emas tidak bisa ditunggu tapi harus dikejar. Dengan our baby, Semarang Coret, kami sedang berusaha menciptakan peluang untuk bisa lebih maju dan sukses.
Do you wanna join us, Lur?

Artikel ini ditulis untuk meramaikan Giveaway Cerita di Balik Blog Uniek Kaswarganti.







11 komentar:

  1. Luar biasa ide kreatifnya terus bermunculan selama menulis.
    Saya suka piknik sambil icip2 kuliner ... meski di dumay tak kalah enjoy :)
    Good Luck mba ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba udah mampir doakan bisa istiqomah yaa mwah...

      Hapus
  2. "...hingga mencolek Pak Gandjar Pranowo, Gubernur Jateng pujaan hati Mimin.."
    Hahaha...kok "pujaan hati" nya sama mbak...xixixi

    BalasHapus
  3. Luar biasa ide-ide nya, saya yang pemula menjadi semakin semangat untuk jadi penulis, doakan ya....hehee....

    BalasHapus
  4. suka deh tulisannya mba dedew..

    BalasHapus
  5. Aku juga sering pengin bikin blog tentang Purwokerto. Secara yaa, tiap aku mudik ke ibukota, masih banyak yang gatau Purwokerto itu dimana.. huhuhuhu Bolong kepala, barbie! :(

    BalasHapus
  6. Keren nih mimin semarangcoret yg energinya tiada habis untuk ngeblog. Sukses terus ngeblognya yaaaa....

    BalasHapus
  7. Wahhh. itu engagement di Twitternya keren banget nih. Salam kenal ya.
    Makin semangat nulis deh kalau baca yang seperti ini

    BalasHapus
  8. Semoga blognya makin ngehits mbak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...