Jumat, 30 Oktober 2015

Blusukan ke Curug Kembar Baladewa, Banyubiru Kab. Semarang

Morning Lur,

Daerah Kabupaten Semarang mempunyai potensi wisata yang cukup banyak. 
Mulai dari area perkotaan hingga ke pelosok desa sekalipun. Bahkan tak jarang diantara wisata wisata tersebut jarang diketahui oleh masyarakat luas. 

Curug Kembar Baladewa Banyubiru
curug kembar yang indah


Kurangnya informasi dan promosi membuat tempat wisata menjadi terabaikan, padahal jika dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan membuat Kabupaten Semarang semakin dikenal dan membantu perekonomian warga di sekitar lokasi wisata tersebut. Seperti Curug Kembar Baladewa ini, salah satu wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang indah namun masih banyak yang belum tahu keberadaannya.

Curug Kembar Baladewa merupakan curug yang tersembunyi letaknya. 
Bahkan tak banyak yang tahu keberadaan curug ini. Curug Kembar Baladewa berada di Dusun Krajan Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. 

Kenapa disebut dengan Curug Kembar Baladewa? Karena disini ada dua curug yang berjejeran dengan keindahanya masing masing. Nama Baladewa sendiri konon diambil dari tokoh pewayangan, Baladewa saudara Krisna.
Curug Kembar Baladewa Banyubiru
mari bermain air

Curug yang pertama memiliki tinggi kurang lebih 70 meter dan yang kedua memiliki tinggi kurang lebih 50 meter. Jika cuaca sedang cerah di salah satu curug akan menampakan keindahan berupa pantulan cahaya berupa pelangi. Keberadaanya yang berada di tengah hutan dan dibawah kaki Gunung Kelir membuat curug ini selalu sejuk dan asri.

Untuk menuju kesini bukanlah hal yang sulit karena bisa dicapai dari lokasi wisata Bukit Cinta. Tapi ya, memang jalannya blusukan dan menanjak hingga bisa mencapai Desa Wirogomo. Ya, serasa sedang berpetualang, Lur!

Jika anda dari arah Bukit Cinta ambilah rute menuju ke Magelang melewati Jalan Muncul Raya kemudian masuk ke Jalan Durian. Sesudah bertemu pertigaan, silakan belok kiri melewati Jalan Blimbing Kuring. Kemudian masuk gang ke-4 di sebelah kanan jalan. Lurus terus nanti saat ada persimpangan belok kanan. Ikuti saja jalanan yang ada ya, Lur! Naik-naik ke puncak gunuung...jangan menyerah dengan medan yang ada, hihihi...

Curug Kembar Baladewa Banyubiru
ada pelangi di curug kembar baladewa
Menurut seorang traveller, jika kita memulai perjalanan dari pertigaan Banyubiru Kecamatan Ambarawa, maka jaraknya ke Curug Kembar Baladewa sekitar 7 Km-an, Lur, lumayan yaa? Tapi pemandangannya emejing, jadi sebandinglah dengan rasa lelah dan dengkul lemas yang sedulur rasakan hihi. Cukup panjang juga perjalanan ke Desa Wirogomo yang berada di ketinggian 1016 mdpl. Bahkan ada traveller yang berjalan kaki dari pertigaan Banyubiru, sekalian uji kekuatan ya, Lur!

Warga dusun disekitar curug sangat ramah,  jadi jangan malu untuk bertanya jika masih bingung. Medan yang akan kamu lalui berupa jalanan beraspal halus, tanjakan, serta tikungan tajam. Jadi, harap berhati-hari ya, Sedulur! Nanti bakal kalian temui gapura sebagai pintu masuk area Curug Kembar Baladewa. Horee!

Tapi, jangan senang dulu, hihihi. Petulangan belum berakhir.
Lokasi parkir dengan lokasi Curug Kembar Baladewa cukup jauh kurang lebih 500 meter dari tempat parkir. Kita masih harus berjalan kaki lagi, Lur hehe. Tapi, pemandangan indah benar-benar menghibur hati dam memanjakan mata kita lho.

Saat menuju ke lokasi curug kita akan melewati jalan setapak dan akan disuguhkan dengan pemandangan berupa pegunungan disekitar Banyubiru dan  hamparan hijaunya persawahan yang luas, tak jarang kamu akan berpapasan dengan warga yang akan pergi atau pulang dari sawah. Mereka senantiasa akan menyapa dengan senyuman dan keramahannya.

Setelah sampai disini pengunjung diperbolehkan untuk mandi dan bermain air disekitar curug ini. Dibawah curug yang sebelah kanan ada kolam kecil yang menampung air. Airnya langsung dari puncak gunung sehingga membuat suasana yang ada disini semakin sejuk ditambah lagi dengan lebatnya pepohonan disekeliling curug ini. 

Saat bercengkrama dibawah Curug Kembar Baladewa, waktu terasa begitu cepat berlalu. Datanglah kesini pagi sekitar pukul 09.00 dan pastikan cuaca sedang cerah. Karena kamu akan melihat pemandangan pelangi yang membentang di bawah derasnya aliran air Curug Kembar Baladewa. Oh iya Lur, kalau main ke Banyubiru sekalian mampir ke Candi Dukuh ya, letaknya tak jauh dari curug ini. (Kontributor: Eko Sariwijayanto-Kendal)

20 komentar:

  1. Oh, ini di daerah Banyubiru? Aku belum pernah kesini, apik banget ada pelanginya :D

    BalasHapus
  2. yang pernah jalan kaki ke sana mesti mas Dhanang :D
    besok pas musim hujan pingin nyobain juga jalan kaki ke sana ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewek lhoo ang jalan kaki 14 km kesini hihihi bener-bener keren deh...cobaiin yaa main kesinii....

      Hapus
  3. panas2 gini blusukannya ke tempat beginian, hmmm segeeerrrr.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi mantaap abis itu berendam yaa...

      Hapus
  4. Langsung masuk.list lah ini :)

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. yuk mak, agendakan ke Kabupaten Semarang #dutawisataalaala

      Hapus
  6. Wah, curugnya indah banget! Beruntung sekali yang bisa melihat pelangi itu, ya? *Jadi pengen ke sana, ah!

    BalasHapus
  7. Pemandangan pelanginya itu lhooo. Cantik banget

    BalasHapus
  8. wah kalau ada air pasti adem dan sejuk pastinya. pernah lihat ditv, memang indah ya hanya belum dikelola dg baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mungkin karena agak blusukan ya mak, jadi butuh biaya lebih mahal untuk infrastrukturnya, sayang kalau kurang diperhatikan....

      Hapus
  9. Sejuk yah, pelangi dan air terjunnya tantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa pelanginya akan ada terus, selama air memercik :)

      Hapus
  10. Kemarin abis ke sana. Gilaaak, musim kemarau kayak gini airnya masih mengalir cukup deras. Gimana kalau musim hujan coba? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau musim hujan mending jangan kesana ya lur, takut banjiir atau longsor :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...