Jumat, 25 September 2015

Tips Agar Perjalanan Wisata Lancar Ala Semarang Coret

Morning Lur,

Happy Friday!
Semoga berkah, Jumatmu ya, Lur!
Kali ini, Mimin ingin berbagi tips agar perjalanan wisata lancar.
Iyaaa, Melakukan perjalanan wisata, selalu menyenangkan. 
Ada perasaan excited dan deg-degan menyambut pengalaman baru. Selalu ada hal baru ditemui ketika melakukan perjalanan, baik itu jarak dekat ataupun perjalanan jauh. Wawasan tentu saja bertambah. Segala beban di pundak mendadak lepas. Perasaan menjadi plong.
semarang coret
mari berpetualang!
 Ya, Sejatinya, hidup pun adalah tentang sebuah perjalanan mencari kasih-sayang-Nya.
Aiih, Mimin mendadak bijak!

Tapi sebuah rencana perjalanan bisa mendadak kacau kalau kita tidak melakukan persiapan sebelumnya. 
Seperti ketika Mimin melakukan perjalanan untuk menulis artikel Candi Gedong Songo. Di tengah perjalanan, turun hujan deras. Waduh, melakukan perjalanan dengan motor di musim penghujan tanpa membawa jas hujan adalah kesalahan fatal. Perjalanan ke Candi Gedong Songo berbuah pilek berkepanjangan. Apalagi, cuaca Bandungan memang luar biasa dingin pada musim hujan.

Apa yang salah?
Yup, kurang persiapan. Jadilah, perjalanan yang dinantikan agak terhambat.  Menikmati tempat wisata jadi kurang maksimal, hehe. Tapii, katanya kalau tidak ada kejadian, jadi nggak ada ceritanya, bukan? Hehe, no excuse, Mimin!

wisata kabupaten semarang
perjalanan memperkaya jiwa (Foto: Aditya Meilia)
Satu lagi kejadian fatal, gara-gara kurang persiapan dalam merencanakan perjalanan adalah ketika Mimin kehabisan batere ponsel di Taman Renang Umbul Sidomukti. Huaa, capek-capek mendaki gunung sejauh itu, pinggang sampai encok di atas motor, eh ketika mau mengabadikan momen di TKP, batere malah drop? Tidaaak!

So, agar berjalan lancar, Mimin mau berbagi tips agar perjalanan wisata lancar nih untuk sedulur:

1. Bikin Rencana Perjalanan (Itinerary)

Yup, katanya traveller sejati nggak butuh itin. Petualang harus spontan dalam melakukan perjalanan dan tidak terikat agen tour, bahkan itinerary. Tapi, tak ada salahnya membuat ititnerary agar perjalanan sedulur efisien dan maksimal. Apalagi jika waktu dan dana terbatas. Tidak mesti saklek sih pada Itin yang dibuat. Tetap fleksibel saja. Yang penting kalian hepi.

2. Jangan Suka Menunda

Hal ini yang biasanya bikin perjalanan menjadi terganggu atau kacau. Kita suka menunda untuk melakukan persiapan untuk travelling. Kita menunda untuk memesan tiket pesawat atau booking hotel. Atau memperpanjang paspor. Padahal, jika dilakukan jauh hari, maka kita tidak bakal panik dan grasa-grusu ketika mendekati hari H. Harga tiket transportasi dan hotel juga biasanya lebih miring bila dibeli jauh-jauh hari.

3. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Yup, ini kebiasaan buruk Mimin bila bepergian. Semuanya mau dibawa! Takut kekurangan baju lah, takut susah kalau nggak bawa ini itu di lokasi piknik lah. Rempong! Walhasil, Mimin sering kewalahan mengangkat ransel yang beratnya Naudzubillah. Mmiin jadi kurang menikmati piknik karena punya side job porter atau juru angkut. Huhuhu. Lebay! 

Bawa barang secukupnya saja. Pakaian bisa dipadu-padankan jadi traveller bisa tetap tampil kece dengan jumlah pakaian terbatas. Bawa pakaian sesuai kondisi cuaca di tempat tujuan. Satum bisa gawat! Pakai celana pendek di pegunungan? Brrr!

4. Banyak Berdoa

Ya, bagaimanapun manusia berencana. Begitu detil hingga ke hal-hal kecil dalam melakukan perncanaan perjalanan. Allah lah yang menentukan, bukan? Jadi, banyaklah berdoa ketika dalam perjalanan, semoga Allah memberi kelancaran. Usahakan tetap melakukan ibadah sehari-hari tepat waktu. Jangan gara-gara sedang di perjalanan kita melalaikan ibadah, bukan? Tentu tidak, Min!

semarang coret
perjalanan membuka wawasan dan menambah pengalaman

5. Siapkan Perlengkapan Khusus Travelling.

Yup, perlengkapan yang tepat akan menunjang perjalanan kita. 
Memilih perlengkapan travelling yang cocok, membuat perjalanan akan lebih lancar. Misalnya, jika kita melakukan perjalanan dengan naik-turun angkutan umum seperti bus dan angkot, sebaiknya kita memilih ransel dibandingkan koper. Ransel pun nggak boleh salah pilih. Harus yang bahannya ringan tapi kuat. Nggak mau kan, kesele bahu gara-gara salah beli ransel? 

Kita butuh perlengkapan yang memudahkan kita dalam perjalanan, adalah salah satu tips agar perjalanan wisata lancar.
Kita butuh dompet paspor waterproof agar paspor kita aman terlindungi dari noda atau tumpahan air. Yup, paspor kan alat vital eh perlengkapan penting dalam perjalanan, bukan?

Bag organizer, juga penting untuk memudahkan kita mengatur dan menata barang di dalam tas, untuk penyuka gadget, kita membutuhkan gadget organizer, wadah untuk menampung segala jenis perlengkapan gadget kita seperti charger, power bank, kabel USB dan lainnya. Jadi, barang kita lebih tertata rapi. Tidak ada cerita membongkar tas karena kesulitan mencari barang yang dibutuhkan, bukan? Jadi, pilihlah perlengkapan travelling yang sesuai kebutuhan para sedulur.

pouch serbaguna keren untuk travelling (Foto: Lazada)
Kesulitan mencari toko untuk membelinya? Mudah saja.
Para sedulur bisa membeli perlengkapan travel original di Lazada
Tinggal ketik aksesoris travel di tab pencarian Lazada, maka sedulur bakal menemukan berbagai jenis perlengkapan travelling seru dari berbagai merek terkenal. Begitu banyak pilihan. Dengan berbagai pilihan harga yang bisa sedulur pilih sesuai kondisi kantong. Hehe.

So, tunggu apalagi? 
Buruan pilih perlengkapan travelling sedulur sekarang juga!
Semoga tips agar perjalanan wisata lancar ala-ala mimin ini bermanfaat ya!
Have a great journey! 






11 komentar:

  1. Kopernya unyuuu, tapi aku lebih suka warna hijauuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang aku suka warna orens mbaa...hihihi

      Hapus
  2. Duh tipsnya menohok pisan. Masih suka bawa gembolan buanyaaakk. Wkwkwk. Tingkiyu ya, Lur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama jeung, keturunan kura-kura kali aku kalau bisa dibawa semua berasa aman kalau dibawa semuanya hihihi.

      Hapus
  3. Wahh aku tuh suka menunda walhasil adaa aja yg ketinggalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. iyaaa aku juga ngga suka packing jadi kalau bisa ditunda dan akhirnya paniik, ada yang ketinggalan huhu

      Hapus
  4. Tips yg keren, mb Dedew... Suwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah mampir mbaa...muah...

      Hapus
  5. Jangan lupa bawa duit buat jajan juga kan mak ??? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw iyaaa..kelupaan, gawat kalau sampai lupaaa....masa harus barter dengan isi ransel?

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...