Senin, 21 September 2015

Menikmati Sejuknya Hawa Umbul Sidomukti, Bandungan Kab. Semarang

Menikmati Sejuknya Hawa Umbul Sidomukti


Morning Lur,

Ini cerita saya setelah keempat kalinya dolan ke Umbul Sidomukti. Bikin ketagihan sih. 
Pondok Wisata Alam Umbul Sidomukti letaknya di Desa Sidomukti Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Umbul Sidomukti adalah objek wisata alam di lereng gunung Ungaran.

Taman Renang Umbul Sidomukti Bandungan
Taman Renang Umbul Sidomukti Bandungan

Kawasan wisata alam Umbul Sidomukti ini memiliki banyak fasilitas wisata untuk pengunjung. Salah satunya adalah Taman Renang Umbul Sidomukti.

Konon, Taman Renang ini merupakan pemandian alam tertinggi di Jawa Tengah karena berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Mata airnya bernama Tuk Ngetihan. Mata air tersebut memancar tanpa henti dari dalam tanah, bening dan segar. Itu sebabnya dinamakan Umbul / mumbul yang berarti ‘naik ke permukaan’ ( jawa-red).  Jadi, kalau kolam renang lain diisi air keran, Taman Renang ini benar-benar berisi air pegunungan lho, Lur.

Taman Renang Umbul Sidomukti Bandungan
waa kolamnya ada air mancurnya
Taman Renang Alam dibangun dengan konsep tradisional dan minimalis dengan dinding kolam yang terbuat dari batu alam. Mau mencoba sensasi berenang di kolamnya? Dijamin segar, sehat plus kedinginan hehe. Tidak seperti kolam renang biasa, disini kita berenang sambil dimanjakan pemandangan indah alam Bandungan. Amazing.

Taman Renang Umbul Sidomukti Bandungan
flying fox yang tinggiii buat uji nyali hehe
Rasanya tak hanya tubuh yang rileks tapi juga segenap panca indera, karena pemandangan cantik dari ketinggian. Berasa sedang berenang di kolam raja di khayangan, hihihi...saya lebay ya? Tapi benar kok, suasana Umbul Sidomukti ini benar-benar memikat. Tak heran, pengunjungnya selalu ramai di akhir pekan.

Umbul Sidomukti Bandungan Kab. Semarang
naik kuda juga bisa lhooo
Lama-lama berenang, brr..rasanya kedinginan juga! Plus perut keronconan hehe.
Namun jangan khawatir, di sana ada beberapa kios yang menjajakan makanan ringan, minuman, dan makanan berat. Biasanya pengunjung duduk-duduk di gazebo yang berjajar, sembari menikmati mie kuah panas dan segelas teh hangat. Panorama terbentang memanjakan mata. Sawah berundak-undak, deretan pepohonan pinus, air terjun, Gunung Merbabu dan Rawa Pening terlihat indah dari kejauhan.

Setelah puas menikmati makan siang, pengunjung bisa  berkeling-keliling. Menghirup udara segar yang tanpa polusi sekaligus memuji kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam seindah ini. Umbul Sidomukti menawarkan fasilitas camping ground dan outbond, baik untuk anak-anak ataupun dewasa. Silakan menjajal berbagai wahana seperti flying fox lembah, flying fox terusan, marine bridge, ATV dan berkuda. Tarifnya lumayan miring kok.

ada kantinnya juga lho di umbul sidomukti
Flying fox ini sering dijuluki Flying fox tertinggi di Indonesia. Wooow, Kita bak terbang!
Tinggi nya 70 Meter, bo. Adrennalline rush! Tiketnya Rp.18.000 untuk sekali meluncur. Dan yang ingin tiket terusan cukup membayar Rp.35.000 saja.

Ada juga jembatan keseimbangan yaitu wahana marine bridge, semacam jembatan gantung. Berani tidak, Lur? Cukup membayar Rp.15.000 untuk uji nyali ini hehe. 

Bagi pencinta kuliner, tersedia menu istimewa yaitu ikan bakar dan seafood. 
Pengunjung bisa duduk-duduk di pondok lesehan. Tak jauh dari lokasi, pengunjung bisa mampir di pondok  kopi yang berada di ketinggian 1200 dpl. Bagi pengunjung luar kota yang hendak bermalam, sekarang sudah dibangun penginapan di sekitar Umbul Sidomukti dengan view yang ciamik, lengkap dengan coffee shop yang buka 24 jam. Umbul juga menyediakan mushola di tiga titik, toilet, dan parkir yang luas.

Untuk sedulur yang ingin menginap, tersedia vila yang fasilitasnya cukup komplet. Rate harga Mulai Rp.600.000-an hingga Rp.1.500.000,-

Masih bingung dengan rutenya?
Bila dari arah Semarang, sampai pom bensin Lemahabang ambil kanan yaitu lewat Bandungan. Setelah sampai di pasar Jimbaran, terdapat gapura bertuliskan ‘Umbul Sidomukti’ di sebelah kanan jalan. Lurus saja melewati perkampungan penduduk dan ikuti petunjuk jalan. Berhati-hatilah karena jalan terus menanjak. Lokasi Umbul hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi (mobil/motor). Bus tidak bisa masuk ke lokasi karena jalan yang menanjak dan sempit. (Kontributor: Arinda Shafa, Semarang)

Taman Renang Umbul Sidomukti
Desa Sidomukti, Bandungan Kab. Semarang
Telpon: 6282892031261, +6282892031262. 
Jam Buka: 08.00-17.00 (Hari biasa)
07.00-17.00 (Akhir Pekan)

15 komentar:

  1. Keren mak tempatnya, hmm brp tiket masuknya?
    Trus Dr jalan2 nya kira2 abis brp biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami apdet diatas ya mba ratu..:*

      Hapus
  2. Sy trkhir ksana 2014. Saat itu msh 12rb tiket masuknya. Skrg psti udh naik. Munkin 20rb an per orang. Kl naik wahana flying fox/marine bridge 20rb jaman itu hehe. Skrg psti udh naik juga. Kl makanan y hrga standr tmpat wisata.
    Kl mau nyobain semua (tnpa nginep) 500rb an cukup mbak. Hihi.

    BalasHapus
  3. Aaaaah... jadi pengen banget nih mbak. Pernah dengar tapi keterangannya tidak banyak. Kalo tahu gini, dah ke sana dari dulu... makasih ya

    BalasHapus
  4. Padahal baru kemarin ke semarang. tapi masih di semarang bawah. next time deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk eksplor semarang coret mba :)

      Hapus
  5. Terakhir ke Sidomukti 5 tahun yg lalu. Mendadak pengen kesana deh jadinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kesini....sekalian nostalgia *halah

      Hapus
  6. Flying fox nya luamayan tinggi juga yaaa kalo buat anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat orang dewasa aja ya mas cum, tinggiii soalnya hihihi

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Waah, udah lama gak kesana. Seringnya mampir minum susu kedelai aja sih di tempat yg asli.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...