Senin, 14 September 2015

Lebih Akrab Dengan Frans Elkana, Duta Wisata Kabupaten Semarang 2015 :)

Morning Lur,

Yes, hari Senin telah tiba! 
Biar semangat, Mimin mau mewawancarai cowok bening *uhuk, nan penuh prestasi duluu, yaa.
Perkenalkan, Namanya Frans Elkana, sering disapa Frans. Anak muda kelahiran Munte, 29 April 1993 ini baru saja dinobatkan menjadi Juara 1 Mas dan Mbak Kabupaten Semarang 2015. Acara penobatannya sendiri berlangsung di Kampoeng Kopi Banaran, tanggal 05 September 2015 lalu. 

Duta Wisata kabupaten Semarang
Frans juara Duta Wisata Kabupaten Semarang
Ya, bersama Soraya Dewi, pemenang Mbak Kabupaten Semarang, Frans Elkana akan bertugas menjadi Duta Wisata Kabupaten Semarang selama periode 2015-2016, mereka bertugas untuk membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Semarang, mengenalkan daya tarik wisata dan mengajak wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Semarang. Wow, keren ya, Lur!

Duta Wisata kabupaten Semarang
berfoto bersama di Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang
Cowok yang tinggal di Desa Medayu, Kecataman Suruh, Kabupaten Semarang ini sehari-hari punya kesibukan sebagai mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan bisnis di UNDIP Semarang. Hobinya antara lain main bulu tangkis, membaca, dan berorganisasi.

Frans, selamat yaa, sudah menjadi Duta Wisata Kabupaten Semarang 2015. Bisa ceritakan bagaimana proses Frans mengikuti pemilihan ini?

Duta Wisata kabupaten Semarang
kunjungan para finalis ke Pabrik Sidomuncul
"Terima kasih. Awalnya, mendaftar  dengan memenuhi beberapa syarat dan menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan. Setelah itu, pada tanggal 1 september 2015 dilakukan registrasi ulang dan pengukuran tinggi dan berat badan  dan pada hari itu juga diadakan tes tertulis  meliputi materi kepariwisataan, kepribadian, dan bahasa inggris. Ada 3 wawancara meliputi wawancara pariwisata, kepribadian dan Bahasa Inggris,"

Kalau ini pemenang Mbak Wisata Kabupaten Semarang (Foto: Anindhita)
"Wah cukup banyak juga proses seleksinya. Dari proses seleksi itu dipilih 15 finalis?"

"Iya, setelah menunggu lama akhirnya diumumkan 15 pasang yang lolos sebagai finalis dan nama saya dipanggil yang pertama lho jadi ya deg-degan nya tidak terlalu lama, hehe. Lalu, Tanggal 02 September diadakan karantina dengan berbagai macam pembekalan seperti public speaking, pariwisata, kepribadian, ngadi saliro dan ngadi busono, Bahasa Inggris dan beauty class. Pada hari berikutnya diadakan one day tour  ke Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti, PT Sidomuncul dan PT.Coca-Cola. Esok harinya, ada Photo Session dengan memakai pakaian adat khas Kabupaten Semarang dan setelah makan siang kita gladi resik untuk penampilan di Grand Final,"
Duta Wisata Kabupaten Semarang
bersama Pak Mundjirin bupati Kabupaten Semarang
"Wah, padat ya acaranya. Tapi, tentu nggak terasa capek karena dapat pengalaman baru." 

"Iya, Malam harinya kita tampil di malam apresiasi, disini ada yang menari, menyanyi, geguritan, monolog, baca puisi, dan lain-lain. Saya sendiri menari Jawa yaitu tarian Rampak dengan kostum penari dan muka diwarnai karena tarian ini memang lucu. Dan hari yang ditunggu-tunggu tiba yaitu pada tanggal 5 September 2015 Grand Final Mas dan Mbak Kabupaten Semarang 2015 setelah beberapa acara, diumumkan 7 besar dan diberi pertanyaan pada sesi tanya jawab. Kemudian diumumkan 3 besar dan diberi pertanyaan dan setelah itu pengumuman juara 1,2, dan 3 serta juara atribut,"
Frans Elkana keren dalam balutan kemeja lurik
"Wah, seru yaa. Apa sih yang paling berkesan selama proses pemilihan ini?"

"Semua hal dalam pemilihan ini berkesan karena saya sangat menikmati proses awal sampai akhirmya. Kita bisa bertemu, berkenalan, saling berbagi dan berkompetisi tentunya dengan 29 orang lainnya. Dapat keluarga baru yaitu ikatan duta wisata kabupaten semarang, dapat pengalaman baru, dapat prestasi baru dan masih banyak lagi,"

"Apa Tugas Duta Wisata Kabupaten Semarang, Frans?"

"Tugas duta wisata ya membantu pemerintah dalam promosi potensi wisata terutama wisata di Kabupaten Semarang sendiri dan  saya beserta pasangan saya akan mewakili Kabupaten Semarang dalam pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2015 sekitar bulan November di Magelang. Datang dan doakan ya hehe,"

Menurut cowok dua bersaudara ini ia akan menekuni kembali kuliah sambil menjalankan tugasnya sebagai Duta Wisata Kabupaten Semarang. Oh iya, Lur, selain menjadi Duta Wisata, Frans punya segudang prestasi lain lho. Diantaranya ia pernah mendapatkan beasiswa winter camp selama dua bulan ke Jerman di tahun 2010. Ia juga pernah menjadi juara 3 Putra Lurik 2015. Patut ditiru nih, Lur! Mumpung masih muda, banyak berkarya yaa...jangan galau melulu *nunjuk hidung sendiri hihi.

"Apa sih pesan Frans buat anak muda Indonesia, Kabupaten Semarang, khususnya?"
"Jangan takut mencoba karena semua hal bisa terjadi, tetap semangat dan jangan pernah menyerah, kenali daerahmu, cintai budayamu dan persiapkan segala sesuatu dengan baik mumpung masih muda."

Nah, betul kan kata Mimin? Hehe. Selagi muda, banyak-banyak berkarya. Menimba pengalaman berharga. 
Duh, Mimin udah kayak nenek-nenek bijaksana niih. 

"Terus, bagaimana menurut Frans tentang pariwisata di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Semarang dan keberadaan blogger menulis tentang wisata?"

Duta Wisata kabupaten Semarang
Poster pemilihan Duta Wisata Kabupaten Semarang

"Pariwisata di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Semarang sangat banyak ya, kita harus bangga kita punya berbagai macam wisata misalnya wisata alam, religi,  buatan, sejarah, kuliner, minat khusus daln lain-lain. Dan saya yakin Kabupaten Semarang punya banyak potensi yang dapat dikembangkan sehingga mencapai posisinya yang unggul di mata banyak orang. dan keberadaan blogger  sendiri menurut saya sangat baik karena dapat menjadi salah satu jejaring sosial yang dapat digunakan banyak orang terutama anak muda  sebagai media promosi untuk lebih mengenalkan potensi wisata di Kabupaten Semarang."

"Asyik, makasih dukungannya untuk Semarang Coret Frans, hehe. Terima kasih ya atas waktunya, semoga Frans semakin banyak prestasi dan karyanya, aamiin.."

Oke Lur, gimana? Emejing yaa anak muda Kabupaten Semarang ini. Patut kita contoh semangatnya untuk maju dan berprestasi. Jadi, isi hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat dan membawa kebaikan ya, Lur. Mimin pamit duluu..mau jalan-jalan lagii hehe...

Foto: Courtesy of @masmbakkabsmg &
@franselkana










5 komentar:

  1. Good luck frans... majukan wisata indonesia khususna semarang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasih mas adi-mewakili frans sebagai jubir hihihi

      Hapus
  2. Wah semoga Semarang makin maju :D
    btw saya orang Kendal juga sering maen ke Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenaal makasih sudah mampir yaa :)

      Hapus
  3. congrat ye semoga menjadikan kab semarang maju di bidang pariwisata nya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...