Senin, 28 September 2015

Kampoeng Kopi Banaran di Bawen, Kabupaten Semarang

Morning Lur, 

Piye Kabare? Kali ini, Mimin kece mengajak para sedulur piknik di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen di Kabupaten Semarang. Kampoeng Kopi Banaran adalah one stop entertainment place di Kabupaten Semarang. Letaknya di Jalan Raya Bawen-Solo KM 35, Bawen. Dari arah Kota Ungaran, letaknya di kanan jalan. 

kampoeng kopi banaran
naik mobil wisata yuk keliling kebun kopi Banaran
Di bagian depan, ada Banaran Coffee, coffee shop dan minimarket. Coffee shop ini menjual kopi produksi Perkebunan kopi Banaran. Sedangkan minimarket menjual makanan ringan dan oleh-oleh khas Kabupaten Semarang. 

kampoeng kopi banaran
bagian depan kampoeng kopi banaran (Foto: Seputarsemarang.com)
Kampoeng Kopi Banaran sebenarnya adalah perkebunan kopi yang dimiliki PT. Perkebunan Nusantara IX, yang dijadikan wisata agro yang komplet. Ada sebuah taman yang mengelilingi coffee shop lengkap dengan arena bermain anak-anak. Disini, kita bisa piknik bersama keluarga, memesan makanan ringan dan kopi dari coffee shop. Selain menggelar tikar, bisa juga duduk-duduk di gazebo atau di kursi taman yang teduh dengan payung besar.

kampoeng kopi banaran
perjalanan menjelajahi perkebunan kopi Banaran
Ada mini flying fox untuk anak-anak dan flying fox untuk dewasa. 
Dengan membayar sekitar Rp.30.000 per orang, Kita bisa mencoba flying fox setinggi 50 meter dan panjangnya 145 meter. Aaak..Mimin atuuut!

Selain arena bermain dan taman, tersedia juga sarana outbond, kolam renang, lapangan tenis, kebun buah, jelajah kebun kopi dengan jalan kaki atau naik ATV, area camping ground seluas 1 hektar, gedung pertemuan, hingga resort/hotel untuk menginap. Wow, Komplet ya, Lur!

kampoeng kopi banaran
taman dan arena bermain di kampoeng kopi banaran
Wisata kebun, acaranya menjelajahi perkebunan kopi sambil belajar bagaimana cara memelihara tanaman kopi juga proses pengolahannya. Wah, liburan seru tambah ilmu, ya Lur! 

Salah satu yang menarik perhatian Mimin adalah kereta wisata! 
Per orang membayar sekitar Rp.60.000 untuk perjalanan selama 20 menit menjelajahi perkebunan kopi yang berada di ketinggian 480-600 Mdpl dengan udara yang sejuk. Kami langsung menuju loket, yang saat itu harus mengantre karena akhir pekan, pengunjungnya ramai.

Bersama Mas supir yang juga menjadi pemandu wisata, Mimin pun berangkat dengan dua orang teman. Awalnya, jalan cukup menanjak dan kita harus berpegangan erat! Hehe. Jalanannya sempit dan pastinya berlumpur jika musim hijan tiba. Serasa lagi road race, hehe. 

kampoeng kopi banaran
sebuah sudut narsis di Banaran Coffee Shop
Tak lama jalanan pun berkelok-kelok dengan pemandangan pohon kopi sejauh mata memandang. Mata jadi seger, Lur! Di kejauhan, terlihat pemandangan Rawa Pening yang cantik. Kita berada di atas bukit! Jadi pengen nyanyi, naik-naik ke puncak bukit, tinggi, tinggi sekali...

Selain pohon kopi, ada juga pohon coklat dan  pohon karet. Semua tanaman ini akan dipanen setahun sekali lalu diproses di pabrik milik PT. Perkebunan Nusantara IX. Produk mereka antara lain Kopi Premium Banaran, Kopi Luwak,  dan Teh Kaligua. Selain untuk pasar dalam negeri, juga untuk diekspor lho. Keren! 

Puas berkeliling, kami pun mampir di Banaran Coffee Shop yang nyaman. 
Di sudut kafe, dipajang motor gede yang bisa jadi properti foto narsis hihihi. Kami pun membeli kopi Banaran dalam kemasan kardus. Harganya terjangkau kok. Tersedia dalam dua ukuran dengan harga sekitar Rp. 7.500-Rp.20.000. 

Selain untuk wisata, tempat ini juga sering digunakan untuk acara besar seperti Penobatan Duta Wisata Semarang 2015 bulan ini, sering juga untuk acara gathering perusahaan, rapat, dan acara lainnya. Tersedia ruang pertemuan. 

kampoeng kopi banaran
Kopi Premium Banaran produksi Kabupaten Semarang
Oh iya, Jika berkemah disini, kita tidak perlu repot membawa tenda, Lur. Semuanya bisa menyewa dari pihak pengelola Kampoeng Kopi Banaran. Jadi kemping ala-ala, hanya bawa bodi saja hihihi. Ingin piknik asyik, mampir ke Kampoeng Kopi Banaran ya lur...

Kampoeng Kopi Banaran
Jl. Raya Bawen-Solo KM 35, Bawen-Kab. Semarang
Telepon: 0298-7101770
Buka: Tiap Hari 07.00-21.00 WIB

13 komentar:

  1. Wah sudah naik jadi 60 ribu ya? Dulu sempat cobain waktu masih 40 ribu. Asyik memang tempatnya. Cocok untuk beramai-ramai. (lupa dulu sudah ada motor narsis atau belum)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fasilitasnya komplet hehe bisa untuk semua anggota keluarga ya :)

      Hapus
  2. Terima kasih mbak bisa untuk referensi wisata anak2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba, Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Hapus
  3. Terima kasih mbak bisa untuk referensi wisata anak2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat mba...

      Hapus
  4. Belum pernah kemari gan, lumayan nih buat agenda :D

    BalasHapus
  5. makasih infonya mba......jd pengen kesana lg......

    BalasHapus
  6. makasih infonya mba......jd pengen kesana lg......

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah keliling naik kereta, padahal dulu masih 50rb loh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa naiknya cepet banget yaaa...hiks hiks efek dollar..semua jadi mahal...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...