Senin, 24 Agustus 2015

Kenal Lebih Dekat Dengan Dewa Siwa di Kabupaten Semarang

Dewa Siwa di Kabupaten Semarang

 

Morning Lur,
Save, It's not only a stone!
Sebuah kata yang menjadi penyemangat bagi kami saat menelusuri kembali keberadaan situs purbakala di Kabupaten Semarang dan sekitarnya.
candi kabupaten semarang
Anggota Komunitas Dewa Siwa

Komunitas Pecinta Situs dan Watu Candi adalah Sekumpulan para sahabat yang mencoba tidak berdiam diri melihat terbengkalainya ‘ribuan’ situs di Kabupaten Semarang dan Sekitarnya.
Sebuah kata yang menjadi penyemangat bagi kami saat menelusuri kembali keberadaan situs purbakala di Kabupaten Semarang dan sekitarnya.

Berawal pertemuan tak sengaja di Perpustakaan Ambarawa antara Derry Aditya, Suparman dan Bambang Murdianto (petugas perpustakaan Ambarawa). Karena membaca buku yang sama, novel epos Gajahmada karangan Langit Krisna Hariadi. Setelah membahas isi buku tersebut, kami saling bercerita tentang hobi yang ternyata sama, berkunjung ke situs-situs.


Mengunjungi situs di SPBE Diwak

Saling berbagi curhat pengalaman dan rasa iri daerah lain seperti Mojokerto, Kediri, Magelang, Jogja ataupun Temanggung bahkan ada komunitas pemerhati purbakala. Singkat cerita, akhirnya kami sepakat membuat wadah komunitas Dewa Siwa sebagai sebagai peran serta untuk ikut membangunkan masyarakat dari tidur ketidakpedulian terhadap peninggalan leluhur.

Juga mimpi kami ingin ikut mengedukasi masyarakat tentang batu yang selama ini dipandang sebelah mata tersebut. Fungsi, Filosofi dan arti pada jaman dahulu yang jarang diketahui masyarakat. 

candi kabupaten semarang
Kopdar sambil mengunjungi situs purbakala

Sehingga setelah mengetahui, betapa berharganya batu tersebut, sungguh sulit pembuatan arca/yoni/ batu candi lain tak akan bernasib menjadi pecahan kerikil, pondasi, talut, Alas bendera, pawon (dapur) bahkan (maaf) kloset.
Adapun Sekretariat Komunitas adalah Rumah Ketua Dewa Siwa, Derry Aditya di Jl. Manggis No. 9 RT.5 RW 3 Kec. Jambu Kabupaten Semarang. Beberapa hasil penelusuran Dewa Siwa di tuangkan di beberapa blog anggota, salah satunya di http://sasadaramk.blogspot.com/

Komunitas kami terbuka untuk siapa saja, dengan syarat memiliki ‘passion’ yang sama, senang dan turut prihatin akan kelestarian situs purbakala. Untuk lebih dekat dengan kami komunitas Dewa Siwa, kami undang bergabung di grup fb : Dewa Siwa, atau bisa berkomunikasi langsung dengan Derry Aditya di nomor HP 089503397009 dan Pin BB 2BBAAFB9.  Salam Pecinta Situs!
(Kontributor: Bambang Murdianto, Ungaran)













6 komentar:

  1. Wah, keren nih ada komunitas pemerhati sejarah. Milzam pasti seneng baca info ini mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas Milzam ikutan yuuk..makasih udah mampir ya mba Wati aku WA tadi

      Hapus
  2. Infonya dong? Bagaimana biar bisa jd anggota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo dibaca artikelnya mas budi komplet infonya disitu, suwun :)

      Hapus
  3. oh dewa siwa itu Pecinta Situs dan watu candi... wah bagus nih ada komunitas pecinta sejarah /:))

    http://sastraananta.blogspot.com/2015/08/peluang-keuntungan-bernama-investasi.html

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...