Kamis, 06 Agustus 2015

Hortimart Agro Center di Bawen, Kabupaten Semarang :)

Hortimart Agro Center di Bawen, Kab. Semarang

Morning Lur,

Semoga selalu dalam lindungan Allah, Aamiin!
Mimin mau mengajak sedulur jalan-jalan lagi seputar Kabupaten Semarang niih. Kali ini kita Jalan-jalan ke Bawen lagi, yuk! Di Bawen banyak tempat menarik, diantaranya Cimory on The Valley & Chocomory Chocolate Shop.

Hortimart Agro Center Bawen
Hortimart Agro Center Bawen
Pagi ini, Mimin cantik mau mengajak sedulur berwisata di Hortimart Agro Center di Bawen, Kabupaten Semarang. Beralamat di Jalan Gatot Subroto No.55, Bawen Kabupaten Semarang. 
Sudah pernah ke Taman Buah Mekarsari di Bogor?

Nah, konsep Hortimart Agro Center mirip dengan Taman Buah Mekarsari. Berawal dari kecintaan Bapak Budi Dharmawan pada buah lokal yang semakin tersaingi dengan maraknya buah impor masuk Indonesia. Pak Budi juga prihatin dengan nasib petani yang makin suram nasibnya. 

Hortimart Agro Center Bawen
pemandangan cantik Hortimart
Maka beliau mendirikan Hortimart Agro Center ini di atas tanah seluas 25 Hektar.
Awalnya, tempat ini hanya untuk lahan perkebunan dan budidaya tanaman terutama durian.
Tapi, lambat-laun kemudian berkembang menjadi wisata agro seperti saat ini.

Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang
Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang
Hortimart dilengkapi berbagai jenis fasilitas yang menunjang sebuah agrowisata diantaranya kereta untuk berkeliling kebun, taman bermain untuk anak, restoran dan rumah makan all you can eat, hingga berbagai kegiatan yang menarik untuk diikuti wisatawan seperti acara petik buah, belajar menanam dan lainnya.

Hortimart Agro Center Bawen
Restoran Hortimart
Jika kita datang ke Hortimart, terutama akhir pekan. Pengunjungnya padat!
Ada mobil-mobil unyu berwarna oranye hilir-mudik. Mobil ini mengingatkan mimin pada mobil wisata di Pondok Kopi Banaran. 

Hortimart Agro Center Bawen
keliling kebun dengan mobil Agro
Setelah mimin tanya, ternyata pengunjung bisa berkeliling kebun buah naik mobil unyu ini lho. 
Hanya dengan membayar Rp.50.000 per mobil, sekitar 10-12 orang bisa naik. Tapi, info terbaru liburan sekolah Desember 2015 ini tiketnya melonjak jadi Rp.100.000 per mobil, Lur. Nanti coba kita cek lagi ya, apakah perubahan ini karena musim liburan atau seterusnya seperti itu.

Restoran Hortimart yang menyajikan berbagai menu vegetarian

Oke, mari berangkat!
Pak supir mobil Agrowisata ini merangkap sebagai pemandu wisata yang menceritakan tentang kebun buah ini pada penumpangnya. Ia akan menceritakan segala hal tentang Hortimart ini kepada sedulur, mulai dari sejarah berdirinya hingga tanaman jenis apa saja yang tersedia disini. Banyak sekali jenis buah-buahan dan sayuran disini, kalau tidak Mimin catat bisa lupa deh penjelasan si bapak pemandu. Jika sedulur ingin bertanya, bebas-bebas saja kok. Pemandunya ramah pisan hehe.

mendoan yummii
Berbagai jenis pohon buah-buahan dikelompokkan dalam beberapa area.
Penataan rapi dan kontur tanah berbukit-bukit membuat mata kita segar memandang hamparan kebun ini. Cuci mata banget deh mimin! Udaranya juga segar karena Hortimart berada di dataran tinggi.

Pak supir dengan bangga memperkenalkan buah durian lokal Hortimart yang diberi nama tokoh-tokoh pewayangan mulai dari Petruk,  Srikandi dan Durian Baladewa. Wow. Ada 100 jenis durian lho disini. Pohonnya tinggi dan subur. Jadi nggak sabar menunggu datangnya panen durian biar bisa mencicipi berbagai jenis durian lokal yang menjadi kebanggaan Hortimart ini. Konon, rasanya lezat dan sedap tak kalah dari jenis buah durian impor yang terkenal seperti durian Montong.

Hortimart Agro Center Bawen
menu restoran hortimart

Petani bibit dari berbagai daerah sering datang untuk membeli bibit buah untuk kebun pertanian mereka. Seperti yang Mimin temui saat berkunjung kesana, seorang perempuan berjilbab yang memiliki kebun durian di Magelang, datang mencari bibit-bibit durian unggulan di Hortimart Agro Center  untuk ia kembangkan di daerahnya.

"Sekalian mengajak anak-anak bertamasya, " ujarnya tersenyum manis.  Tak sia-sia menyetir sendiri kendaraannya untuk sampai di Kabupaten Semarang. Ia memborong berbagai jenis bibit buah durian lokal hingga memenuhi bak mobil pikapnya. Selain durian ada lengkeng, mangga, melon, pepaya,  melon,  pir, semangka dan banyak lagi.

anak-anak SD Isriati Ungaran di Green Resto All You Can Eat
Saat mimin mengunjungi Hortimart, mereka sedang panen jambu bangkok dan melon. Buah melon yang kuning dan segar bergantungan di pohonnya yang rendah, siap untuk dipetik dan dibawa pulang. Rasanya manis dan segar lho, Lur! Wow, menggiurkan!

Pengunjung bisa memilih paket wisata yang termasuk ikut memanen buah yang sedang musim.  Misalnya,  Baru-baru ini musim mangga dan durian,  nah kita bisa memetik sendiri lalu ditimbang.  Kita cukup membayar sejumlah yang kita petik dan bawa pulang.  Seru ya!

Agro Mart menjual buah dan sayur segar
Uniknya, untuk sistem pengairan kebun ini, mereka membangun embung raksasa. Kolam buatan untuk menampung air selama musim hujan. Dan pada musim kemarau, airnya dialirkan untuk mengairi kebun. Jadi,  kebun buah tetap subur di berbagai musim ya Lur,  Keren!

Oh iya, ditengah Kebun, ada yang namanya Green Resto. Untuk mencapainya, kita harus naik mobil oranye Hortimart. Disana,  Kita bisa menyantap menu vegetarian all you can eat seharga Rp.30.000 per orang.

Hortimart Argo Center Semarang
Nenas produksi Hortimart Argo Center Kabupaten Semarang
Menunya tak jauh-jauh dari hasil produksi Hortimart seperti pecel, gado-gado, aneka salad,  potongan buah segar hingga aneka jus buah. Seru nih mengajak keluarga atau rombongan sekolah, kantor untuk piknik dan makan beramai-ramai disini. Menunya pun segar dan sehat. Harganya pun terjangkau, Lur.

Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang
toko Hortimart yang ramai dipenuhi pengunjung
Jika mau makan di resto biasa saja, bukan ala all you can eat, kita bisa makan di restoran yang letaknya di bangunan utama Hortimart. Dekat pintu masuk Hortimart. Disana, menunya sama, terdiri dari menu sayuran dan buah tetapi belinya per porsi. Disebelahnya, ada tempat mainan anak juga seperti perosoton, ayunan dan lainnya. Komplet!

Ingin membeli oleh-oleh untuk teman dan saudara? Ada Agro Mart, toko yang menjual hasil produksi kebun. Berbagai jenis buah dan sayuran hasil panen Hortimart dijual disana. Menggiurkan deh untuk dibawa pulang.  Segar sekali,  Lur!

berbagai jenis minuman ringan produksi UMKM Kabupaten Semarang
Ada juga berbagai jenis keripik, sirup, makanan ringan, es krim, produksi UKM Kabupaten Semarang. Ingin mencoba mewujudkan kebun kamu sendiri? Ada berbagai jenis bibit tanaman dijual disini. 

Harganya lumayan terjangkau, kok. Terus, kita bisa icip-icip buah sebelum membeli. Mimin mencoba semangka, melon, pepaya, aah..semuanya mimin coba! Hihihihi...

melon kuning hasil panen Hortimart tersedia di tokonya
Jadi, kalau kamu berkunjung ke Kabupaten Semarang, jangan lupa yaa mampir ke Hortimart Agro Center. Selain berwisata, kamu juga dapat ilmu baru kan! Asyiik....

Hortimart Agro Center
Jl. Gatot Subroto No. 55 Bawen
Telpon: 0298-592344
Buka: Setiap Hari


4 komentar:

  1. adem ayem jalan2 di taman buah,, Hortimart emang jozz

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa apalagi kalau musim panen buah dan sayur yaa, seru...

      Hapus
  2. Mba, bisa kasi ancar-ancarnya kalo dari cimory..nuwun

    BalasHapus
  3. untuk paket kunjungan anak- anak TK dari harga berapa ya?Tks

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...