Senin, 20 Juli 2015

Wisata Watu Gunung, Lerep, Ungaran Kab. Semarang


Morning Lur,

Eksplor Kabupaten Semarang lagi, yuk!
Kali ini kita berkunjung ke Watu Gunung, Lerep Kabupaten Semarang.
Letaknya di Jl. Srikandi Raya no,1 Desa Lerep Ungaran Kab. Semarang. Ancer-ancernya dari Alun-Alun Lama Ungaran ya Lur.
Pemotretan pre wdding di Watu Gunung Ungaran (Foto: Ferry Numi)
Mimin berkunjung ke tempat ini secara tak sengaja ketika mencari Kampung Seni Lerep. Sayangnya, Kampung Seni Lerep kini tutup. Dari Kampung Seni, jaraknya ke Watu Gunung sekitar 500 M lagi. Hanya saja, perjalanannya naik-naik ke puncak gunung. Seperti mimin yang takut ketinggian, lutut rasanya lemas hehe. 

Watu Gunung Ungaran
danau buatan di watu gunung ungaran kabupaten semarang (Foto: Sherpe Permana)
Tapi, begitu sampai di Watu Gunung, Lerep Ungaran kelelahan itu sirna sudah.
Pemandangannya indah! Ada danau buatan, rumah-rumah terbuat dari kayu yang artistik. Juga saung-saung kecil untuk pengunjung beristirahat.

siap-siap pemotretan pre wedding (Foto: Ferry Numi)
Di bagian lain Watu Gunung Lerep Ungaran, terdapat rumah joglo dengan peralatan gamelan di dalamnya.
Mengundang anak-anak ingin mencoba memainkannya.
Setiap rumah kayu, gazebo dan pendopo diberi nama dalam bahasa Jawa seperti Walang kekek, wono sekar, kemuning dan lainnya. Unik ya?

asik eksplorasi
Ada tiket masuk sebesar Rp15.000,- per orang (update bulan Agustus 2016).
Beberapa pengunjung berdatangan dengan membawa alat pancing.
Ternyata, mereka duduk-duduk di tepi danau dan mulai memancing di tengah kesyahduan pemandangan. Ada kolam-kolam ikan dengan pancuran kecil. Gemericik air menambah kesyahduan alam. Ada jembatan kecil yang membuat anak-anak kegirangan bolak-balik melewatinya.
banyak spot cakep untuk foto

Watu Gunung adalah sebuah obyek wisata alam yang kerap dijadikan tempat untuk pemotretan produk, iklan atau pre wedding. Saat mimin kesana, sedang ada pemotretan pra pernikahan, dimana pengantin memakai baju pengantin putih berjuntai, dengan latar belakang perbukitan. Indah sekali!

Jika masuk ke area ini, hanya diperbolehkan menggunakan kamera saku atau ponsel, sedangkan kamera DSLR terhitung kamera untuk profesional. Biayanya khusus.

Di bagian tebing, kita bisa duduk-duduk di gazebo atau kursi taman, menikmati pemandangan kota Ungaran dari ketinggian. Ada sawah dan kebun sejauh mata memandang. Juga kota yang nampak begitu kecil dari atas bukit.

asyik untuk anak main (foto: Dian Sigit www.sigitdian.com)
Indah sekali!
Anak-anak berlarian menyusuri jalan setapak berbatu.
Merasakan kebebasan bermain di alam, menikmati kesejukan udara.
Gunung Ungaran terlihat dekat sekali. Ada air terjun mini buatan juga.

syahdunya watu gunung
Kini, Ada kolam renang untuk anak dan dewasa dibangun untuk menambah keasyikan wisata di Watu Gunung. Kolam renangnya asyik, didesain alami banget dengan bebatuan besar, jadi seperti kita mandi di sungai hehe. Kini air kolamnya sudah bersih lur, nggak hijau seperti saat kolam renangnya baru dibuat.

Watu Gunung Ungaran
kolam renang yang asyik di watu gunung ungaran (Foto: Shepe Permana)
Jika lapar, kita bisa memesan makanan dan minuman di resepsionis. Tersedia nasi goreng dan beberapa menu lainnya. Kelak, Watu Gunung akan menjadi resort kecil-kecilan dimana pengunjung bisa menginap.

Watu Gunung merupakan tempat yang asyik untuk relaksasi tubuh, pikiran dan rasa.
Uhuk, Mimin mendadak romantis, nih. hehehe.

Watu Gunung
Jalan Srikandi Raya No. 1 Desa Lerep, Ungaran, Jawa Tengah
Buka: Setiap Hari Pukul 08.00-16.00

27 komentar:

  1. Belum pernah ke sini. Tapi sempat ke kampung seni sebelum tutup. Sayang bgt g bs berkunjung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang ya kampung seni lerep tutup padahal jadi wadah seniman berkreasi..aku belum sempat kesana..huhu..

      Hapus
  2. Aku udah masuk ke tempat ini, mbak, sayangnya tengah prepare buat acara salah satu bank jadi enggak boleh foto2. Trus bukan hari libur juga sih hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi udah dibooking ya mba wati tempatnya...

      Hapus
  3. saya belum pernah ke kampung seni . waduh kok dah tutup sich

    BalasHapus
  4. Saya pengen ke sna , brp jam per jalanan dari kota Semarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebentar aja kok mba...dari alun-alun lamaungaran, naik sedikit...

      Hapus
  5. Klo jalan yg naik itu bisa naik motor atau jalan kaki ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok naik motor, hehe...jalanannya luas, mulus, hanya mimin takut aja sama jalan menanjak hehe

      Hapus
  6. Ada penyewaan alat pancing g????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok alat pancingnya disewakan lur :)

      Hapus
  7. boleh bantu kasih denah ga min. kalo dr ungaran alun alun kemana aja arahnya. buta arah nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada jalanan ke arah desa lerep mba, dari perpustakaan ungaran terus lalu belok kiri, jalannya menanjak ya...

      Hapus
  8. Mobil bisa sampe depan watu gunung enggak?

    BalasHapus
  9. Mobil bisa sampe depan watu gunung enggak?

    BalasHapus
  10. Bisa. Area parkir luas kok.

    BalasHapus
  11. dulu aku pernah kesana blm ada kolam renang nya
    sekarang udah ada kolam renang nya

    BalasHapus
  12. Kolam renang berapa meter kedalamannya?

    BalasHapus
  13. Nomor telepon yg bs dihubungi brp y?

    BalasHapus
  14. Katanya kalo bawa kamera bakal ada biaya tertentu yaa kaa? Berapa yaa? Makasih😊

    BalasHapus
  15. Katanya kalo bawa kamera bakal ada biaya tertentu yaa kaa? Berapa yaa? Makasih😊

    BalasHapus
  16. Anak2 smp ada tugas pembalajaran bahasa inggris yg dishooting pake handycam atau camdig. Kira2 kena biaya tdk ya? Trmksh

    BalasHapus
  17. Boleh dicoba itu. Fasilitas yg di sediakan apa aja tuh.. Klo buat meeting bisa gg min or sekedar buat kumpul sama teman² gtu?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Mau tanya dong biaya buat pakai kamera DLSR brp ya?

    BalasHapus
  20. Nomor telepon yg bs dihubungi berapa? Mau pesan tempat...apakah setiap hr Minggu disediakan makanan?

    BalasHapus
  21. cantik sekali pemandangannya... infoana

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...