Selasa, 28 Juli 2015

Warung Kopi Klotok Pak Sadar di Ungaran, Kab. Semarang

Warung Kopi Klotok Pak Sadar Ungaran, Kab. Semarang

Morning Lur,
Kita jalan-jalan lagi,yuk!
Kali ini mimin mau mengajak kalian ngopi-ngopi cantik di Alun-Alun Bung Karno, Ungaran,
Kabupaten Semarang. Sudah tahu kan, dimana letak Alun-Alun Bung Karno, tempat ngumpul yang hits di Ungaran? Yup, Di Alun-Alun ini, ada Warung Kopi Klotok Pak Sadar yang ngehits.

kopi klotok pak sadar ungaran
pak sadar sedang meracik kopi klotok di warungnya
Di Alun-Alun Bung Karno Ungaran, ada bangunan khusus untuk gerai makanan dan minuman.
Jadi, pedagang kaki lima dikumpulkan di sebuah lokasi agar lebih rapi dan teratur.
Letaknya dibelakang gedung pertemuan.
Ada dua bangunan semacam pendopo yang berhadapan.

Nah, salah satu yang hits disana adalah warung kopi klotok Pak Sadar. 
Pak Sadar sudah bertahun-tahun berjualan kopi klotok, tapi sebelumnya ia berjualan di alun-alun Mini Ungaran depan Mesjid Agung. Nah, Karena di Alun-Alun mini sudah tidak boleh berjualan lagi, maka ia pun pindah. 

kopi klotok pak sadar ungaran
selamat datang di warung kopi klotok pak sadar
Di tempat baru, Pak Sadar tak harus memakai tenda lagi. 
Warung kopi Klotok Pak Sadar terletak di bangunan sebelah kiri dari arah lapangan.
Ia khusus menjual berbagai jenis minuman kopi, teh, susu dan jahe.
Pembeli bisa duduk lesehan menunggu pesanan tiba. Butuh waktu agak lama karena penggemarnya banyak. Hehe.

kopi klotok pak sadar ungaran
nongkrong cantk di warung kopi klotok pak sadar ungaran
 Apa sih keunikan kopi klotok ini?
Perbedaannya adalah dari cara seduhnya. Kalau kopi biasa, kita merebus air panas lalu dituang ke kopi di dalam gelas. Sedangkan kopi klotok, bubuk kopi direbus bersama air panas. Menghasilkan aroma yang mantap. Dan uniknya lagi, kopi klotok Pak Sadar direbus diatas tungku berbahan bakar arang, lur.

Pak Sadar menjual dua jenis kopi saja yaitu kopi arabika dan kopi robusta. 
Kita bisa memilih kopi arabika saja atau robusta saja. 
Atau bisa dipadukan dengan susu, jahe atau coklat. Jadi kopi susu arabika. Atau kopi coklat. 
Untuk yang tidak menyukai kopi, bisa memilih minuman lain. 
Seperti susu jahe, jahe panas, hingga coklat.

kopi klotok pak sadar ungaran
susu jahe, kopi arabika dan jahe panas yummi
Untuk makanan sih kita bisa memilih memesan di penjual lain.
Ada nasi goreng, sate dan lainnya.
Tapi, kebanyakan memilih warung Pak Sadar untuk memesan minuman. 
Harganya pun terjangkau lho Lur. Hanya sekitar Rp.4000- Rp.7500 saja.
Murah meriah tur nikmat.
Nggak heran, warung kopinya selalu dipadati pengunjung.

Pak Sadar buka setiap hari kecuali hari Kamis aka malam Jumat.
Ia berjualan mulai pukul 18.30 hingga kopi yang tersedia habis.
Istimewanya, setiap gelas minuman yang laku terjual,  beliau bersedekah Rp.400,- untuk anak yatim.
Keren sangat yaaa...nggak heran usahanya makin laris manis.
Sehat selalu ya Pak..

Warung Kopi Klotok Pak Sadar
Alun-Alun Bung Karno, Ungaran
Bangunan Food Court Sayap Kiri
Buka Setiap hari kecuali Kamis 
18.30-Habis 





11 komentar:

  1. ooh cara pembuatan kopinya hampir mirip di aceh mbak. tadinya sempet bingung, klotok itu apaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi kalau di aceh namanya apa ya yudii?

      Hapus
  2. Balasan
    1. aku juga ngga terlalu echa, tapi susu jahenya mantaap..nagih deh *mulai lebay

      Hapus
  3. Hooo itu toh yang namanya kopi klothok. Aku pikir kopi klothok itu kopi yang disajikan dalam wadah yg bunyinya klothok klothok, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kayak soto gebrak ya, pake bunyi gbrak kalau mau makan :D makasih udah mampirr

      Hapus
  4. Aku suka tuh ma kopi mba,,, klotok didaerahku suatu nama alat transportasi laut bma... Hee

    BalasHapus
  5. Kopi,...nsmanya bikin pnasaran,
    apa ada bunyi klotok klootoknya hehe

    BalasHapus
  6. Wah aromanya pasti jos karena dimasak ditungku memakai arang. Aku jadi pengin kopi jahe Dew.

    BalasHapus
  7. selain sabar... memang sabar..
    bapak ini juga cuek...hehe
    kopinya enak

    BalasHapus
  8. Memang sabar berbuah kopi yang nikmatt

    Pesen jam 11 Jadi jam 1
    Itu hari biasa

    Kalau malem minggu ?????????

    1 cangkir kopi dibuat satu persatu
    @15 menitt
    Diukur takaran kopi
    Suhu air
    Volume air
    Aduknyapun dihitung


    Lama ya emang lama

    Tapi rasanya silahkan dicoba

    Joooossssss


    *catatan
    Sebagian dari hasil kopi ini disumbangkan kepada yang membutuhkan


    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...