Sabtu, 18 Juli 2015

Wisata di Goa Rong, Tuntang Kabupaten Semarang

Goa Rong, Tuntang Kab. Semarang


Morning Lur, 
Libur lebaran memang sungguh menyenangkan. Cuti panjang dari rutinitas kerja sehingga bisa bersilaturahim dan berkumpul dengan keluarga tentu hal yang luar biasa. Momen yang sayang dilewatkan jika hanya menghabiskan opor ayam di rumah saja. 

Gua Rong Tuntang Kab.Semarang
Pemandangan amazing Gua Rong Tuntang
Nah, bagi yang mudik ke kabupaten Semarang, destinasi wisata Goa Rong bisa jadi pilihan menghabiskan libur lebaran. Goa Rong ini adalah perbukitan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Menuju lokasi ini tidak terlalu sulit walau medan jalannya sangat menanjak dan butuh konsentrasi berkendara untuk mencapai bukitnya.

Gua Rong Tuntang Kab.Semarang
Spanduk Penanda Gua Rong Tuntang
Untuk sampai di sana lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi Goa Rong dari arah Semarang, hanya beberapa meter dari jembatan Tuntang. Ditandai adanya pos polisi dan baliho wisata Tlogo dan Goa Maria. Orang-orang biasa menyebutnya dengan stasiun Tuntang. 

Dari sana terus kira-kira 1.8 km. Nah, ketika menemukan lapangan Tlogo bersiap-siaplah menemukan tulisan Gapura Mlandong yang berada di kanan jalan dan menuju desa Delik. 

kafetaria untuk melepas lelah dan dahaga di Gua Rong
Lurus saja sampai menemukan jalan menanjak dan belok kanan. Setelah itu tinggal ngikutin jalan saja deh. Tiket masuk Goa Rong saat saya berkunjung pada hari minggu sebesar Rp. 5000 dengan parkir motor RP 2.000. Dari loket tiket ternyata lokasinya masih jauh, semakin menanjak pemandangan di sekitar perjalanan makin indah, walaupun sedikit ngeri melihat ke bawah dengan jurang menganga. 

Namun ketika sudah berada di bukitnya. Rasanya ingin jepret-jepret terus. Dari sini kita bisa melihat hamparan Rawa Pening dan pegunungan yang menurut informasi kita bisa melihat Gunung Sindoro, Sumbing, Ungaran, Tolomoyo dan Merapi. Menakjubkan sekali pemandangannya. 


taman bermain untuk anak juga tersedia

Nah, bagi yang tidak membawa bekal, tak perlu khawatir jika lapar, di sini juga ada kafetarianya lho. Sembari menyantap makanan dan melihat pemandangan akan diiringi juga dengan live music. Membawa anak-anak pun tak perlu cemas mereka bosan, karena ada mainan yang biasa ada di taman-taman. Gelar tikar sambil menikmati lontang opor bersama keluarga sepertinya seru juga lho.

Dengan nama Goa Rong, saya agak penasaran di manakah letak guanya. Ternyata menurut informasi yang saya baca, gua ini berada di sebelah barat bukit, bisa ditempuh juga melalui jalan dari pos utama. 


Gua Rong Tuntang
keindahan Tuntang

Memang ada tangga curam di dekat sebuah gasibu saat saya sampai bukit, namun baru beberapa tangga turun rasanya sudah lelah sekali apalagi ketika naik. Benar-benar ngos-ngosan. Gagal deh, misi ekplorasi ala traveler, hehehe. oh, iya menurut teman-teman yang berkunjung kesini, pemandangan saat sunset sangat indah dan romantis lho. Bisa dicoba kesini saat senja menjelang.

Ayo teman-teman sempatkan refreshing sebelum masuk kerja lagi. Tak perlu jauh dan mahal, asal bersama keluarga bahagianya tidak ada yang menandingi. Selamat lebaran. Mohon maaf lahir batin ya! (Kontributor: Aditya Meilia, Ungaran)

2 komentar:

  1. kalau mau ke goanya.
    bisa dari bawah loh daripada turun jauh dan curam.
    ada pohon dan batu besar di sebelah kanan, setelah belokan kedua dari pos penarikan tiket di bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren pas ke sana bingung nyari goanya, dikirain cm view goa doank..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...